Published On: Thu, Mar 5th, 2009

Video Persalinan Kambing Etawa

perawatan cempeDalam proses reproduksi dan kelahiran kambing jenis peranakan etawa memang agak berbeda dengan jenis kambing yang lain, dimana kambing jenis etawa ini memang membutuhkan perawatan bantuan saat melahirkan, kambing jenis etawa tidak seperti kambing kambing jenis lainya yang lahir dengan sendiri tanpa memerlukan bantuan dari manusia.

Kambing Etawa pada saat melahirkan membutuhkan perawatan yang lumayan rumit, namun peternak kambing etawa rata-rata memiliki keahlian sendiri dalam merawat cempe saat lahir.

Pada umumnya perawatan persalinan kambing etawa dilakukan secara tradisional, para peternak biasanya sudah menghitung dan memperkirakan tanggal kelahiran agar saat lahir peternak bisa memberikan bantuan persalinan kambing etawa.

Yang pertama biasanya peternak akan memisahkan dan meletakan kambing yang siap beranak pada tempat diluar kandang panggung (biasanya diturunkan ke tanah) sesaat sebelum melahirkan.

Setelah sesaat kambing hendak melahirkan biasanya kambing sudah mulai enggan berdiri dan kemudian biasanya kemaluan basah dan air ketuban keluar.

Saat anak kambing etawa keluar yang harus dilakukan adalah membebaskan anak kambing etawa dari lendir yang biasanya menutup seluruh tubuhnya, termasuk pada kepala kambing yang menghalangi kambing untuk bernafas, kemudian dilanjutkan memutuskan tali pusat kambing yang terhubung dengan plasenta.

Pada umumnya kambing etawa melahirkan dua anak dalam sekali kelahiran (kembar) dengan jeda waktu kelahiran rata rata antara 10 menit sampai 30 menit tapi juga ada yang dalam hitungan beberapa detik disusul kelahiran kedua.

Setelah anak kambing dibersihkan dan dijauhkan dari induknya untuk sesaat agar tidak terinjak, pada induk yang sayang terhadap anaknya biasanya akan menjilati anak kambing etawa tersebut.

Sesaat kira kira 15 menit setelah itu peternak membantu menyusukan anak kambing ke induknya, karena anak kambing etawa belum bisa berdiri dan menyusu sendiri pada jam jam pertama setelah lahir, dan yang perlu diperhatikan saat menyusukan adalah kolesterum pertama yang harus dibagikan kedua anakan kambing tersebut.

Nah sekilas pengalaman ini mudah mudahan berarti untuk tutorial selengkapnya akan saya terbitkan di postingan berikutnya.

Salam peternak…

Tags: , , , , , , , , ,
Displaying 6 Comments
Have Your Say
  1. [...] March 4, 2009 by Etawa Dalam persalinan atau kelahiran kambing etawa memerlukan perawatan pertama yang harus dilakukan oleh peternak baca selengkapnya [...]

  2. [...] hal ini saya tidak akan bercerita banyak tentang aborsi namun saya akan mengajak anda untuk melihat vidieo  tentang kelahiran ini Posted by genthokelir Saya Subscribe to RSS [...]

  3. wah video yang kreatif!

  4. kebo says:

    Weedhus Koen!!

  5. dukun persalinannya siapa tuh mas

  6. Anang Wedus says:

    Muantab mas…
    Top mar kotoP!! Saya jadi semakin tambuah padang jingglang terhadap gambaran kambing Etawa. so jadi pingin angon wedus karena peluang bisnisnya. semoga ga bosan untuk berbagi ilmu.
    oya, kalau di Jawa Timur alamat peternak Etawa dmn?
    Thanx uuu…

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anak Gembala

Name: Sugiharto

Email:

Web Site: http://www.gunungkelir.com