kambingetawa
Published On: Wed, Mar 11th, 2009

Tips Membeli Kambing Etawa

induk Kambing etawaSudah barang tentu kita sebagai peternak akan menyiapkan calon  indukan yang bagus dan berkualitas dimana setiap calon peternak memiliki harapan baik terhadap keuntungan peternakan.

Kenapa harus memilih calon bibit yang baik?

Tentu saja semua peternak kambing etawa memiliki harapan agar anak kambing yang akan dihasilkan nanti akan sesuai dengan keinginan kita. Walaupun andaikan terpaksa tidak sesuai, mungkin hanya sekedar  pola warna kambingnya saja.

Dari sekumpulan pengalaman pribadi dan para peternak lingkungan saya, dalam memilih bibit untuk peternakan biasanya mengacu beberapa factor yang dapat dijadikan sebagai pedoman agar kambing yang akan kita beli nantinya dapat menjadi sebagai indukan yang bagus.

Factor kambing pejantan memang memiliki peranan dominan didalam usaha pengembangbiakan kambing etawa.

Pejantan Kambing Etawa  umumnya memiliki gen yang sangat dominan pada anak turunnya, bahkan sampai 60-70%, selebihnya biasanya mengikuti gen dari induk betina pada kambing.

Hal-hal dasar yang perlu kita cermati antara lain;

kambing etawa 11.Pola Warna Kambing Etawa

Kambing Etawa biasanya memiliki pola warna yang bermacam macam seperti Putih, Hitam Coklat, sedang kebanyakannya memiliki warna paduan antara putih hitam atau Coklat putih ,namun trend pola warna paling banyak digemari saat ini adalah  pola dasar badan putih dengan pola warna kepala hitam legam

2.Pola telinga dan kepala yang bagus

Pola telinga yang bagus adalah telinga yang menjulai ke bawah, lemas dan panjang, semakin panjang telinga kambing, berarti semakin bagus kambing tersebut.

kambing etawa kepala coklatJenis telinga yang bagus biasanya tidak memiliki pangkal telinga yang menonjol ke luar, jadi dari samping kepala kambing langsung ke bawah.

Sedangkan Panjang minimal telinga kambing etawa biasanya sekitar 23 cm sd 35cm.

Untuk criteria  pola kepala yang bagus, adalah kepala yang agak jenong mendekati bentuk lingkaran jika dari samping serta  memiliki rahang mulut yang kuat.

3.Pola Tubuh

Kambing etawa dan kambing jenis lain harusnya memiliki tulang-tulang yang kokoh dan besar, semakin besar tulang pada kambing berarti semakin besar kemungkinan kambing tersebut untuk dapat tumbuh menjadi kambing yang besar.

Bakal Induk EtawaBeberapa cara tersebut hanyalah merupakan cara yang mudah untuk memperkecil resiko jika kita membeli kambing di pasar kambing etawa.

Membeli kambing di pasar juga memiliki banyak kelebihannya, selain banyak kambing sebagai pembanding, harga yang berlaku di pasar biasanya tidak setinggi harga kambing yang masih berada di kandang peternak. namun berdasarkan pengalaman saya, beberapa  kambing etawa yang di pasar biasanya tidak dapat dipertanggung jawabkan silsilah serta mutunya, dan Jarang ada peternak membawa kambing etawa yang berkelas itu ke pasar kambing.

kambing etawa menyusuiUntuk lebih amannya, saya sarankan apabila calon peternak ingin membeli kambing untuk diternakan, sebaiknya datang ke peternaknya langsung setelah melakukan survai harga di pasar, hal ini akan membuat kita lebih jelas untuk mengamati dan bertanya tentang metode perawatan serta kebiasaan perawatan ternak.

Selamat mencoba untuk beternak Kambing Etawa

About the Author

Displaying 65 Comments
Have Your Say
  1. gajah_pesing says:

    aku kepancing maneh…
    moga-moga isa jadi referensi jadi bagi yang membutuhkan

  2. kambing etawa ini salah satu jenis hewan yang diberi sentuhan kreatifitas sehingga harganya berbeda dengan kambing kebanyakan

  3. setelah melihat tamplan ettawa yang sesungguhnya di gunung kelir, duh, jadi pingin juga nih ternak ettawa, mas totok. pinginnya sih mau diternakkan di kampung, hehehe … tapi duwitnya belum juga kumpul, hiks.

  4. Kambing Etawa says:

    mudah mudahan anda berkenan ikut berhasil

  5. Zarkasi says:

    Trim,s atas infonya, saya sangat tertarik memelihara kambing Feranakan etawa ternyata setelah saya tanya harganya pada penjual kambing etawa harganya di Kota Praya Kabupaten Lombok Tengah Propinsi Nuasa Tenggara Barat, saya sangat terkejut anak kambing FE yang berumur 3 bulan harganya mencapai 5 sampai 6 juta, sedangkan kambing dara 7 juta sampai 8 juta, sedangkan indukan dan pejantan bisa mencapai 10 juta lebih, info yang saya terima kambing FE ini baru datang dari sentra kambing FE di Jawa katanya. Sekarang saya jadi penasaran setelah dapat info dari mas mengenai kriteria kambing Fe yang bagus saya akan buat kandang dulu baru membeli kambing ? salam etawa

  6. Zarkasi says:

    Trim,s atas infonya, saya sangat tertarik memelihara kambing Feranakan etawa ternyata setelah saya tanya harganya pada penjual kambing etawa harganya di Kota Praya Kabupaten Lombok Tengah Propinsi Nuasa Tenggara Barat, saya sangat terkejut anak kambing FE yang berumur 3 bulan harganya mencapai 5 sampai 6 juta, sedangkan kambing dara 7 juta sampai 8 juta, sedangkan indukan dan pejantan bisa mencapai 10 juta lebih, info yang saya terima kambing FE ini baru datang dari sentra kambing FE di Jawa katanya. Sekarang saya jadi penasaran setelah dapat info dari mas mengenai kriteria kambing Fe yang bagus saya akan buat kandang dulu baru membeli kambing ? salam etawa…….

  7. yuliarahman says:

    salam kenal mas dari orag malang. monggo maen2 ke tempat saya: kandangbambu.wordpress.com. Salam Kandangbambu:)

  8. suryaden says:

    harus ke peternakan ternyata, memang dipasar ternyata banyak pilihan dan membingungkan, saya barusan juga lihat-lihat di pasar Turi sleman…

  9. koes says:

    kemarin minggu 19 april 09 saya barusan membeli kambing PE di kaligesing purworejo. kita beli dua ekor betina umur 5 bulanan seharga 6.4 juta. kebetulan kambing tersebut sehat, bagus, dari indukan yang dapat dipertanggungjawabkan. kepala hitam, telinga panjang, tubuh tegap. rencananya saya akan kawinkan dengan pejantan super dari daerah kaligesing juga. tapi saya masih bingung mau rencaa ngawinin dimana, karena di sekitar kaligesing banyak pedagang yang menawarkan jasa pengawinan kambing PE ini. mungkin ada yang bisa meberikan referensi, tempat dimana pejantan disitu bener2 tangguh..

  10. masnoer says:

    wah manteb sak niki wonten web kambing etawa
    dulu rumah saya juga ternak kambing etawa
    dua kali beranak 4 buah tapi setelah yang terakhir ank ada yang mati untuk daerah saya seperti ngombol grabag agak susah mencari makanannya
    beda dengan kambing biasa / kacangan . . sembarang rumput mau. . . salam kenal mas dari CAH ANGON

  11. Ibnu Alip says:

    Yth Mas Sugiharto/ Mas Totok
    Setelah membaca artikel-artikel tentang kambing etawa jadi ngiler mas.
    Masalahnya untuk daerah purwokerto dimana bisa saya dapatkan bibitan/cempe kambing etawa. Mohon bantuannya mas. Maturnuwun

  12. koes says:

    mas ibnu alip, untuk daerah purwokerto, silakan anda ke kelompok ternak Pegumas, kecamatan Gumelar, Banyumas

  13. wisnu prayogi says:

    saya dengar dari om / pak le saya memang di gumelar ada perkumpulan peternak kambing etawa, malah carik di situ juga memelihara. udah gitu pakannya katanya fermentasi ya? kalo boleh tau pakannya campuran dari apa saja ya?

  14. Nandi says:

    Harga kambing Etawa yg Rp 5juta atau lebih itu apakah khusus kambing untuk bibit?. Kalau kambing untuk dikonsumsi di pasaran harganya berapa? Kalau kita menghitung kelayakan usaha kambing etawa, asumsinya tentu harga jual ke konsumen akhir.

  15. sutik says:

    kpd redaksi saya mhn di terangkan cara penggemukan scara instan kmbing etawa.trimakasih

  16. kusairi says:

    salam kenal kalau menghubungi sampy kok susah banget, no yang bisa dihub ungi berapa.?

  17. Dear Mas Sugi,Mas Totok
    Aku tertarik dengan Ternak kambing etawa, kalau daerah bandung bisa dapaten bibit/cempenya dimana,share infonya donk, matur suwun mas

  18. mrtajib says:

    wah, saya jdi makin ingin ternak kambing etawa. Saya juga pernah posting disini nih, tentang etawa: http://akhmadmurtajib.com/2009/05/13/kambing-etawa/

    kayaknya kedepa bisa jualan bareng….. heheheh

  19. Andy Mulya (Disnak Blitar) says:

    Temen2 aku mau jual beberapa koleksiku ada sekitar 25 ekor ada induk, pejantan, cempe jg ada. yang berminat bisa hubungi di :
    ANDY MULYA M.K
    DS. JUG RT1 RW1 KEC KESAMBEN BLITAR

    SEKALIAN LIHAT KONTES TGL 15-16 JULI 2009!!!

  20. Andy Mulya (Disnak Blitar) says:

    ADA YG KTINGGALAN :
    DS JUGO RT 1/RW1 KEC KESAMBEN BLITAR

  21. annur_tuban says:

    berapa harga bakalan indukan per ekornya??umur dan ada berapa ekor bakalan indukan?? tolong kirim kan fotonya,, dan apa itu jenis super??

  22. zaza says:

    truz mslh harga kisarannya brapa?

  23. markus gunawan says:

    wah pak kambingnya bagus-bagus tuh…..
    saya salut………
    pak saya mau tanya….
    mas saya baru ngeliat profil ini…..
    kok harga kambing etawa seharga mobil…..?
    saya punya kambing PE pejantan kelas b dikawinkan dengan betina kelas c….
    anaknya satu kelas b bagus….. yang dua kelas b biasa….. yang betina kelas c… tapi ada indukan tanggung yang usianya 2 th an, kualitas b biasa… dan dua kambing PE usia 8-11 bulan kualitas c….. jadi semuanya ada 11….
    yang pejantan usia 3-3,5 th, yang indukan kualitas c usia 3-4 th an…. 5 anakan usia 5 bulan…. saya di bogor. kalau di jual bulan-bulan sekarang kira-kira harganya berapa ya?
    karena saya buka harga 35 juta…. harga segitu kemahalan tidak ya?
    tolong dengan sangt… karena saya masih minim pengetahuannya tentang penjualan kambing ini…..
    tolong kirimkan sarannya ke email saya ya mas……..
    terimakasih….
    (m4rkus_gun4w4n@yahoo.com)
    saya butuh bantuan mas………
    terima kasih……
    saya harap mas siap membantu saya dalam penjualan kambing saya……

  24. markus gunawan says:

    rencananya saya igin mendatangkan kambing dari mas… tapi kaleu kambing saya laku…..
    dan itu juga kalau tidak mahal……..
    kalau ongkos kirim berapa ya mang kalau dari sana ke bogor?
    trus dapat di jamin tidak?
    bahwa kualitasnya sama bagus yang kayak di foto?
    trus kalau pergatian tempat dan suasana pengaruh ke kambing tidak?
    tolongkan kirimkan ke email ku ya mas…..
    barangkali saya bisa jadi merintis cabang dari kambing mas di tempat saya…….
    kalau fb juga sama kayak email…
    (m4rkus_gun4w4n@yahoo.com)
    thanks…

  25. […] saya melanjutkan aktifitas saya ke kandang untuk memberikan makanan tambahan pada beberapa induk kambing etawa yang sedang dalam masa […]

  26. Naul Gonzales says:

    Saya berjanji akan ikuti kesuksesan bapak

  27. Rojab Kambali says:

    MAS RUMAH AQ DI NGANJUK JAWA TIMUR APA JUGA ADA PETERNAK KAMBING ETAWA, HARGA PER LITER SUSU KAMBING BERAPA YA PLUS PENGIRIMANNYA SEBAB AYAH AQ SAKIT KOMPLIKASI PERLU TERAPI SUSU KAMBING

  28. nugroho says:

    Kalo boleh menawarkan di kab rembang di desa pasedan ada juga kambing perakan etawa dgn sangat luar biasa tapi harga sangat murah karena di bawah 5jt padahal melihat kondisi di kaligesing harga sangat luar biasa

  29. tyok says:

    wah aku bar tuku wedus PE indukan 8juta, klarangen e uf

  30. Didiet rh says:

    Bapak terhormat,
    Saya tertarik dengan beternak kambing PE tapi saya nggak punya pengalaman persiapan apa untuk menunjang hal ini,
    mohon bantuanya.
    Salam
    Didiet rh

  31. Heri Avianto says:

    minta alamata emailnya donk dan no telpnya tanks

  32. faisal sani says:

    thanx uda berbagi info

  33. ITA says:

    WOW KAMBINGETAWA

  34. ITA says:

    ANAKAN KAMBING ETAWA ITU LUCU KALAU LARI2

  35. ITA says:

    DIREMBANG DIDESA APA YA

  36. moel says:

    by moelh sulawesi, berapa harga cempekan indukan pejantan kambing PE, komsumsi pakannya sama ng dgn kambing2 yg lain? mohon infonya

  37. moel says:

    no telpon or hp yg bisa dihubungi penjualan kambing PE, infonya sangat saya harapkan coz maw melihara ternak kambing PE didaerahku muda2han cocok disulawesi. terima kasih sbelumnya.

  38. Mahardika Fattan says:

    Mau tanya untuk PE betina yang masih bunting kisaran harga sampai berapa???

  39. cah jember says:

    Mas, kalau punya informasi peternak kambing PE yabg bagus di Lumjang ada dimana yaa ?

  40. Zainul Arifin says:

    apa tidak membukan peluang kerjasama investasi kambing pe dg bagi hasil ? kalo ada bisa diemailkan ke arifin@swadayagraha.com

  41. Aladin joko says:

    Salam kenal mas Andi kbetulan saya mau Cari indukan bisa tau posisi tepatnya mas? Aladin kediri
    Bisa gak dikirim foto beserta harga kambing? Kalo punya pejantan juga,
    makasih

  42. andygo pacitan says:

    Dimana ya, pasar untuk melemper anakan pe yang bagus?

  43. agung says:

    pak,saya punya anak kambing sesuai dengan ciri2 yang ada pada keterangan diatas, tapi anak kambing itu dari perkawinan antara jantan etawa – betina kambing biasa.
    itu masuk ke jenis etawa g?, kalo masuk kategori mana A,B,C,D.ato g masuk ke jenis etawa?.

    terimakasih

  44. […] Nah untuk hal ini silahkan mengenali dahulu kambing etawa baru kemudian silahkan anda membeli sesaat setelah anda mengerti dengan benar mengenai ciri ciri kambing etawa, atau sebagai gambaran silahkan klik di sini untuk tips membeli kambing etawa […]

  45. andi says:

    mz,aku pengen beternak etawa tapi danaku untuk beli indukan yang bagus masih kurang..
    terus mengenai harga penjualannya apakah itu tidak tergantung jumlah barang juga?soalnya kn semakin banyak jumlah barang secara hukum Ekonomi pasar harusnya barang itu semakin murah??n apakag kambing etawa termasuk dalam jenis kambing KONsUmSI,atau satenan
    ??

  46. […] Tips Membeli Kambing Etawa […]

  47. […] Tips Membeli Kambing Etawa […]

  48. otnasus says:

    pengen jadi peternak tapi masih bingung mau ternak apa

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Anak Gembala