kambingetawa
Published On: Tue, Mar 3rd, 2009

Susu Kambing Etawa

Pemerahan Susu Kambing Etawa

Pada umumnya susu kambing etawa dijual dalam bentuk segar, namun sebenarnya susu kambing etawa  juga dapat diolah menjadi produk lain seperti yogurt, keju, karamel .

Desa Tlogoguwo di Kec Kaligesing Kab Purworejo sudah ada beberapa pengusaha yang menajadi pionir dalam pengolahan susu Kambing Etawa ini, walaupun belum dalam sekala yang besar, pada umumnya masyarakat di lingkungan ternak kambing ini berasal memang belum mengoptimalkan hasil produksi susu kambing etawa ini, kebanyakan para peternak masih mengarah pada pembibitan kambing etawa atau sebagai penghasil bibit kambing .belum mengarah pada prospek bisnis kambing etawa yang lain

Sebenarnya jika kita perhatikan dan memiliki pengetahuan dasar yang kadang di berikan para pakar peternakan dan para peneliti yang berkunjung, di daerah ini menunjang sekali untuk lebih instensif mengolah hasil susu kambing etawa ini,  menurut para ahli menerangkan bahwa susu kambing etawa ini memiliki Nutrisi paling dekat dengan ASI

Butiran lemak susu kambing etawa berukuran antara 1-10 milimikron sama dengan susu sapi, tetapi jumlah butiran lemak yang berdiameter kecil dan homogen lebih banyak terdapat pada susu kambing, sehingga susu kambing lebih mudah dicerna alat pencernaan manusia, susu kambing etawa tidak akan menimbulkan diare pada orang yang mengkonsumsinya.

susu kambing etawa

Susu kambing segar etawa ini  juga tidak memiliki kandungan karoten, sehingga warna susu kambing lebih putih daripada susu sapi, sedangkan menurut para ahli kesehatan susu kambing atawa ini memiliki kasiat  antara lain sebagai berikut

Terapi untuk penyakit  TBC, Mampu mengontrol kadar kolesterol dalam darah, Meningkatkan kesehatan kulit wajah, Membantu memulihkan kondisi orang yang baru sembuh dari sakit

Kandungan gizi susu kambing dapat meningkatkan pertumbuhan bayi dan anak-anak serta membantu keseimbangan proses metabolisme tubuh, mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, membantu pembentukan sel darah merah dan jaringan tubuh.

Susu kambing etawa juga bisa untuk mengembalikan zat besi setelah haid, kekurangan darah (anemia), kehamilan serta pendarahan setelah melahirkan.

Susu kambing etawa memiliki kandungan mineralnya memperlambat proses osteoporosis.

Nah ini hanya sebagian kecil dari manfaat susu kambing etawa sedangakan manfaat yang lain memang masih terus dikembangkan oleh para ahli kesehatan yang juga berdasar pada teori dan pengalaman

Tags: , , , , , ,

Displaying 25 Comments
Have Your Say
  1. wah cara pegang susu segede itu gimana ya?

  2. DET says:

    jiakakaka malam-malam kok ngelus-elus susu kambing cak?

  3. BUDIONO says:

    hm… dari segi rasa, enak mana susu sapi, kambing etawa sama susu kaleng?

    [plus susu cewek]

  4. Ja_y says:

    iku kwalik kang,dudu susu tapi terpedo kethoke he..he..

  5. lelouch says:

    hidup kambing !

  6. wah, ini blog baru mas totok, yak. bagus banget nih info ttg kambing ettawa-nya. saya bisa banyak belajar ttg seluk-beluk kambing ettawa nih dari blog ini.

  7. rizal fathurrohim says:

    bole bagi2 ilmu merah susu kambingnya pak??
    kuw antusias bgd niy………

  8. rizal fathurrohim says:

    krm di emailkuw di almt:fathur_wokey@yahoo.com
    trims!!
    and alamat bapak dmana??byr kuw bisa brknjung ksana!!alamatkuw daerah srandakan!!

  9. Zarkasi says:

    mas gmana caranya agar produksi susu kambing meningkat?

  10. jhonriadi says:

    harga susu kambing etawa berapa untuk agen? soalnya sy jual lagi!

  11. agus sutarto says:

    aku juga salah satu pengemar dari susu kambing etawa. saya beli dalam bentuk estrak. enak juga tuh. juga bisa untuk terapi diet.

  12. susu kambing says:

    Apa sih bedanya kambing biasa dengan etawa?

  13. Florens says:

    Bisa beli hasil susu perah kambingnya pak? berapa harga per liter? saya mau jual di tempat saya di kal-teng. jawab ke e-mail saya langsung aja ya pak, trims.

  14. edi says:

    giman cara untuk membeli susu kbg etawa mas?

  15. narno says:

    ya mas numpang tanya nih, untuk harga susu kambing berapa? belinya iso eceran ra , minimal ordernya berapa?

  16. Edi Subarka says:

    Puting susu kambing kalaw di jepit telunjuk dan ibujarai dengan benar, maka ketika menekan jari tengah, jari manis dan kelingking susukambing akan memancar keluar, tetapi klw telunjukdan ibujari ngejepitnya kurang bagus maka susu kembali ke ambing dan kasihan biasanya kambingnya kesakitan.
    susukambing segar di tambah sirup trus di blender ternyata segerjuga, atw sekalian di blender bareng wortel mentah dan sedikit nanas !

  17. pojokkambing says:

    harga per liternya berapa kang? denger2 susu kambing itu panas ? apa betul…
    thanks

  18. BOSS NEK DI TERNAK NING DAERAH BOROBUDUR COCOK ORA,KETO’E PROSPEK TENAN KUI,PASALE ETAWA GAK MENGENAL KRISIS,SUSUNE GW OBAT.

  19. HIDUP KAMBING
    HIDUP PETERNAK
    MAJU PARA TERNAK

  20. besok kita sinergikan pak

  21. LASIYAN says:

    saya benar-benar mau merubah haluan????…kayaknya beternak banyak prospeknya.info yang benar2 akurat dan lengkap terkini dimana ya dapatnya?boleh pesan buku atau vcd panduan beternak yang terkini mas?mua kuasih….

  22. Susu Kambing says:

    thanks info susu kambingnya mantap,.. salam sukses.

  23. [...] umumnya susu kambing etawadijual dalam bentuk segar, namun sebenarnya susu kambing etawa  juga dapat diolah menjadi produk [...]

  24. devi says:

    jadi ingin nyobain nih susu kambing etawa ini

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anak Gembala

Name: Sugiharto

Email:

Web Site: http://www.gunungkelir.com