kambingetawa
Published On: Tue, Jan 27th, 2015

Peternakan Kambing Ettawa Kota Lubuk Linggau

ettawa Lubuk linggauSenin 22 Desember 2014 Pemerintah kota Lubuk Linggau mengadakan pelatihan dasar beternak kambing ettawa yang dilaksanakan di kandang percontohan milik H Nassrullah Nawawi yang berada di kampung L Sidoarjo.

Pelatihan dasar peternakan kambing ettawa yang dilaksanakan di mulai pukul 09.00 WIB tersebut di ikuti oleh beberapa kelompok tani andalan Lubuk Linggau serta beberpa dinas terkait dari kota Lubuk Linggau dan Musi Rawas.

Pelatihan yang di tutori langsung oleh Sugiharto sebagai praktisi ternak kambing dari Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, tempat dimana kambing ettawa ras Kaligesing dikembangbiakkan serta di lestarikan, pada kesempatan yang sama disampaikan pula teori management kesehatan hewan yang di sampaikan oleh Drh Amad Kosim sebagai praktisi kesehatan hewan dari Dinas Pertanian Peternakan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo yang didatangkan oleh Nurusulhi Nawawi.

peternakan kambing lubuk linggauPelatihan peternakan ini digagas oleh walikota Lubuk Linggau H SN Prana Putra Sohe dalam rangka membuat program Linggau Bisa dibidang peternakan, hal senada disampaikan juga oleh Trisman Diskanak Kota Lubuk Linggau ” Insya Allah dari dana yang sudah ada kita anggarkan untuk segera membangun peternakan kambing terpadu seperti milik H Nasrullah Nawawi” kata trisman pada sesi dialog.

“kambing ettawa ras kaligesing memang memiliki beberapa keunggulan selain bisa dipelihara sebagai penghasil daging, kambing ettawa ras kaligesing tersebut memiliki kelebihan sebagai penghasil susu yang nutrisinya lebih bagus dari susu sapi” papar Sugiharto selaku praktisi yang telah bertahun tahun menggeluti peternakan kambing ettawa di Desa Donorejo Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo Jawa Tengah.

linggau bisaSelain penghasil susu yang baik, kambing ettawa juga sering sebagai binatang peliharaan yang menjadi kegemaran dan hobby untuk di konteskan, karena bentuk kambing yang bagus serta menawan.

Dalam kesempatan pelatihan tersebut para peserta di ajak melihat langsung cara mengawinkan kambing ettawa serta bagaimana cara memerah kambing ettawa.

Setelah praktek memerah kambing ettawa para peserta pelatihan kemudian di ajak untuk melihat management pakan ternak kambing menuju ke lahan HMT (hijauan Makanan Ternak) yang di fasilitasi oleh Nun panggilan akrab untuk Nurrusulhi Nawawi adik kandung dari H Nasrulloh Nawawi pemilik peternakan kambing ettawa di kampung L Sidoharjo.

“Insya Allah tahun 2015 kita akan bikin peternakan terpadu kota Lubuk Linggau di desa Rahma” tutur Nurrusulhi Nawawi¬† bidang Humas Kota lubuk Lingau.

Dengan terbangunya peternakan terpadu atau sering disebut breeding centre harapanya masyarakat akan melihat dan melakukan pembelajaran yang kemudian akan membudidayakan secara umum dengan membuat breeding village di beberapa wilayah kota Lubuk Linggau.

Untuk meningkatkan pengetahuan mengenai peternakan kambing ettawa serta mendukung program peternakan kota Lubuk Linggau akan membuat kelompok studi banding yang akan mendatangi langsung pusat pengembangan perkampungan ternak kambing ettawa di Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo.

Program peternakan terpadu yang di buat dimaksudkan untuk meningkatkan perekonomian masyasrakat melalui peternakan kambing ettawa. (Linggau Bisa)

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. […] untuk beberpa peternakan di dataran rendah dengan cuaca panas adalah peternakan kambing etawa di kota Lubuk Linggau dan peternakan kambing etawa di Pasir Putih Pekanbaru Riau bisa di baca disini dan […]

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Anak Gembala

Name: Sugiharto

Email:

Web Site: http://www.gunungkelir.com