kambingetawa
Published On: Sun, Mar 8th, 2015

Peternakan Etawa Pekanbaru

peternakan kambing etawasaat ingin memulai beternak kambing etawa pada umumnya sering muncul pertanyaan “apakah etawa bisa di ternakan di daerah panas?” pertanyaan tersebut bukan tidak memiliki dasar , atau tak memiliki alasan , namun rata rata mendasar karena selama ini kambing etawa ras kaligesing berasal dari petani ternak yang secara geografis terletak di kawasan gugusan pegunungan menoreh yang lumayan dingin.

pada dasarnya beternak kambing etawa sebenarnya tak memiliki idealisme lokasi kambing etawa kaligesingartinya pada lokasi seperti apa bisa, di dataran tinggi atau dataran rendah tetap bisa di usahakan, karena prinsip dasar beternak kambing etawa adalah ketersediaan pakan dan kandang yang disesuaikan.

kegagalan beternak kambing etawa dan munculnya kendala penyakit kambing yang bermacam maca,  itu bisa di tarik simpul berakar dari ketersediaan nutrisi dalam pakan, serta manajemen kebersihan serta sirkulasi tata udara dalam kandang kambing etawa.

di daerah kabupaten Purworejo sendiri tidak semua peternak etawa berada di peternakan etawa pekanbarudataran tinggi, bahkan banyak teman peternak yang berada di pesisir pantai yang reltif memiliki cuaca lumayan panas, jadi idealisme lokasi harus pada ketinggian tertentu pada prinsipnya tidak berlaku.

beberpa saat ini saya memiliki rekan peternak yang berkeinginan untuk membudidayakan kambing etawa di area perkebunan sawit daerah Pekanbaru Riau, kesiapan kandang telah terbuat dengan berbagai sarana untuk keperluan kambing sudah tertata, kemudian pada Bulan januari 2015 bibit kambing etawa mulai kita datangkan dari Kaligesing dengan transportasi truck.

kambing etawa pekanbarupeternakan etawa Pekanbaru ini termasuk peternakan yang memiliki skala peternakan menengah besar di tilik dari kandang yang di dirikan berjumlah enam lokal yang masing masing lokalnya memiliki kapasaitas antara 100 ekor, lengkap dengan fasilitas umbaran, tempat mandi kambing, gudang pakan, serta mes untuk operator kandang.

hamparan kebun sawit yang luas ternyata menyimpan varian pakan kambing etawa yang melimpah juga, berbagai jenis tumbuhan paku, serta hijauan pakan ternak lain banyak tersedia di sekitar kebun sawit, disamping pemilik peternakan juga membuat lahan HMT (hijauan Makanan Ternak) disekitar wilayah kandang.

usaha peternakan kambing etawa di pekanbaru ini rencananya akan memiliki beberpa bentuk hasil dari produk kambing mulai dari susu kambing, bibit kambing hingga bermain di sektor pedaging sebagai jawaban kebutuhan konsumsi daging yang cukup tinggi permintaan pasarnya.

berbisnis atau memiliki usaha dalam bidang pertanian dan peternakan tentu saja berkaitan fermentasi pakan kambingdengan kelangsungan hidup atau bersinggungan dengan mahluk hidup yang memiliki resiko mati, namun meski memiliki resiko mati tentu saja kita akan banyak mengupayakan agar resiko tersebut menjadi minim, hal tersebut bisa kita lalui dengan berbagai tahapan seperti : memilih bibit kambing yang baik dan sehat, membuat kandang yang sesuai iklim, menyiapkan lahan hijauan pakan, memiliki tenaga ahli serta operator kandang yang mengerti ternak.

apabila tahapan demi tahapan terlampaui dengan bijak maka perlahan usaha beternak kambing akan tercapai dalam kondisi tertentu sesuai dengan arah usaha yang akan di geluti.

peternakan kambing etawa yang terletak di Desa Baru, Kecamatan Pasir Putih, Pekanbaru Riau ini tergolong peternakan yang masih baru namun memiliki optimisme keberhasilan yang cukup tinggi ditilik dari jumlah ternak serta ketersediaan pendukung lainya.

beberpa minggu lalu saya berkunjung ke peternakan tersebut untuk mengantar mesin copper penggiling hijauan rumput serta mengajarkan bagaimana cara membuat pakan fermentasi dari hijauan serta pelepah sawit untuk persediaan pakan pada kambing pedaging.

perternakan kambing etawa pasir putih ini di motori oleh Eka Putra yang sekaligus menjadi direktur pada CV. Agro Nagamas yang memiliki bidang usaha pada sektor perkebunan durian, pengembangan ikan Arwana, dan peternakan Kambing.

Peternakan kambing etawa yang berada tidak jauh dari komplek kavaleri ini kedepan juga diperuntukan sebagai tempat study peternakan sekaligus gudang stok kambing untuk wilayak pekanbaru dan sekitarnya.

untuk kondisi saat ini peternakan kambing pekanbaru ini sudah memiliki ratusan calon induk kambing serta beberapa pejantan dari kelas umur yang berbeda, peternakan kambing ini juga sedang terus membangun fasilitas untuk menyangga keberlangsungan peternakan.

semoga peternakan kambing yang di bangun CV. Agro Nagamas ini bermanfaat pada lingkungan serta keberadaanya dapat sebagai  tempat belajar budidaya kambing etawa di wilayah tersebut.

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. kartono says:

    Assalamualaikum salam kenal, saya peternak etawa di tapung hilir, kampar

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Anak Gembala

Name: Sugiharto

Email:

Web Site: http://www.gunungkelir.com