kambingetawa
Published On: Thu, Jul 26th, 2012

Pertolongan Kambing Etawa Keracunan

peranakan etawaBeberapa teman komunitas peternak yang berhubungan dengan kami beberapa saat lalu menanyakan masalah tentang bagaimana mengatasi kambing etawa yang keracunan dan berakibat sakit.

Kemudian saya membeberkan beberapa pengalaman mengenai kambing yang keracunan

Keracunan pada kambing etawa biasanya sering di sebabkan oleh makanan yang umumnya masih mengandung gas carbon atau memang jenis makanan yang mengandung racun tertentu,

Makanan yang biasa kita berikan bisa saja mengandung racun carbon semisal kita memberikan daun ketela mukibat atau daun ketela Karet bisa jadi dalam keadaan tertentu membuat Kambing etawa keracunan.

Carbon yang berlebihan terkandung dalam daun serta getah jahat pada daun ketela bisa mengakibatkan kambing menjadi keracunan di sebabkan memetik pakan terlalu pagi saat daun sedang proses asimilasi,

Pemberian makanan konsentrat tinggi yang berlebihan juga memungkinkan kambing keracunan karena prosesi mamahbiak yang kurang baik.

Keracunan pada ternak yang di sebabkan oleh makanan meskipun sederhana namun jika kita telat dalam penanganan bisa mengakibatkan tewasnya kambing ternak kita.

pertolongan pertama pada kambing yang keracunan secara tradisional biasanya dengan memberikan air kelapa muda atau memberikan cairan yang memiliki protein tinggi untuk membantu kambing agar tetap fit.

ada cara unik tradisi turun temurun yang di lakukan oleh para peternak kambing yang saya sendiri secara medis tidak bisa menerangkan nanmun saya biasa mempraktekan yaitu dengan cara mengiris telinga kambing , namun karena irisan telinga kambing biasanya membuat keindahan telinga kambing etawa menjadi cacat maka biasanya di ganti dengan cara meremas telinga kambing.

tehnik meremas telinga kambing ini mungkin secara medis ada penjelasan tertentu namun karena saya hanya peternak dan bukan dokter maka saya tak bisa menerangkan secara medis , hanya saja ketika kambing sudah enggan makan karena keracunan dengan sering kita remas telinganya kemudian kambing akan sadar dan terus berdiri melanjutkan makan.

Pertolongan secara tradisional yang lain adalah memberikan cairan kunyit asam di campur gula merah dengan cara cekok atau minum paksa .

Jika kambing keracunan dan mengalami kembung secara tradisional biasanya di ujung mulut antara gigi di taruh batang agar kambing tetap terbuka mulutnya kemudian di pelipit agar berdiri sementara untuk membantu menghilangkan kembung pada kambing biasanya peternak secara mengambil pelepah daun pepaya untuk di masuk kan ke anus kambing .

namun jika kambing tidak dalam keadaan bunting dan tidak segera sembuh dari loyo keracunan akan lebih baik di berikan beberapa suntikan untuk komposisi suntikan memang lebih baik kita menggunakan jasa dokter hewan agar tidak salah dosis.

beberapa kali peternak kita mengalami dan menggunakan proses tradisional sebagai pertolongan pertama banyak yang berhasil namun beberapa kasus saya tetap melibatkan dokter hewan untuk menanganinya.

demikian mudah mudahan tulisan ini bermanfaat salam peternak

Tags: , , , , , , , , , , , , ,
Displaying 5 Comments
Have Your Say
  1. [...] kambing etawa- apakah anda ingin ternak kambing etawa…? dan apakah anda mengerti tentang cara beternak kambing etawa yang benar…? baik menyiapkan kandang etawa yang baik juga bagaimana cara perawatan kambing [...]

  2. Ajeng Gading Ayoe says:

    saya pengen blajar ternak kambing.tp blm tau gmana kmbing penanganan kmbing

  3. asri says:

    kasian bangettt kambingnya , kok bisa sampai keracunan begitu sih emangnya di kasih makan apa ?

  4. wah klo keracunan eman2. harganya kan mahal

  5. devi says:

    tipsnya tentu sangat berguna untuk para peternak kambing, saya juga akhirnya tahu walaupun saat ini belum bisa di praktekkan

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anak Gembala

Name: Sugiharto

Email:

Web Site: http://www.gunungkelir.com