Published On: Mon, Mar 16th, 2009

Perencanaan Beternak Kambing Etawa

toto sugiharto_005Dalam beberapa jenis usaha tentu harus memiliki acuan serta obsesi yang mengacu pada faktor keuntungan, tentu kita harus benar benar menganalisa serta mempertimbangkan banyak faktor serta kemungkinan yang mungkin akan kita temui sebagai tahapan maupun kendala dalam setiap usaha.

Dalam melakukan usaha peternakan pun kita harus memiliki perencanaan yang cukup matang untuk memulai usaha di bidang ini, banyak sekali faktor yang menjadi pertimbangan dalam memiliki usaha peternakan kambing etawa namun setidaknya kita mulai dengan beberapa tahapan dari persiapan, pelaksanaan, produksi, hingga evaluasi.

Dalam setiap pelaksanaan semua usaha atau anggaplah sebuah project tentu kita harus mempersiapkan banyak hal, untuk memulai kegiatan beternak kambing etawa kita haruslah mempersiapkan lokasi yang akan kita gunakan sebagai tempat untuk beternak kambing etawa.

Dalam menentukan lokasi kita tidak boleh gegabah harus melihat kondisi keamanan, cuaca, suhu udara serta faktor kelembapan juga dibutuhkan pengamatan yang cukup serius dalam hal ini .

Faktor lain yang tak kalah pentingnya adalah keberadaan lokasi, beternak yang berlokasi dipemukiman yang padat sebaiknya dihindari sebab dalam jumlah ternak yang banyak tentu akan menimbulkan polusi maupun beberapa penyakit .

Selain faktor lokasi beternak kita juga harus membekali persiapan pengetahuan yang cukup mengenai seluk beluk beternak kambing etawa .

Pada  tahap berikutnya adalah  pembangunan kandang sedangakan untuk pembangunan kandang yang terpenting adalah melilihat secara utuh fungsi kandang sebagaimana saya tulisakan dalam kandang kambing etawa, sedangkan untuk ukuran pembangunan kandang tentu harus mempertimbangkan berapa jumlah kambing yang akan kita pelihara .

Setelah pembuatan kandang tentu kita juga harus mempersiapkan ketersediaan pakan ternak, lahan pakan ternak juga harus kita persiapkan dengan menanam beberapa hijauan makanan ternak, sedangkan jenis makanan ternak pada kambing etawa anda boleh melihat pada tulisan saya tentang hijauan makan ternak.

Setelah tahapan kita memiliki lokasi untuk kandang dan memiliki lahan pakan ternak yang sudah diperhitungkan untuk jumlah yang cukup memenuhi kebutuhan kambing etawa barulah kita memulai pembelian bibit kambing etawa, yang kemudian kita lanjutkan dengan memelihara kambing etawa serta merawat lahan pakan ternak.

Setelah tahapan tahapan itu kita lalui kemudian mulailah mempelajari serta membuat analisa laba rugi yang bisa kita buat dalam beberapa hitungan dengan jumlah kecil dengan waktu yang pendek, atau jumlah menengah dengan waktu yang agak panjang, kemudian kita akan dapat memperhitungkan dengan baik kelayakan usaha yang kita buat tersebut.

Selamat beternak mari sukses untuk bersama

Tags: , , , , , , , ,
Displaying 30 Comments
Have Your Say
  1. menjalankan bisnis apapun harus melalui tahapan tersebut supaya bisa sustainable. bukan begitu kang?

  2. Ja_y says:

    aku tak “nggado” wae kang,arep moro piro…xixixixi

  3. Ersis WA says:

    Wah wah dahsyat …

  4. Kambing Etawa says:

    makasih pak

  5. suryaden says:

    betul juga harus berpikir tentang ketersediaan hijauan makanannya juga,… (doh)

  6. AHMAD RENDI says:

    ANALISA PENGGEMUKAN KAMBING SEKARANG INI BAGAIMANA APAKAH MASIH MENGUNTUNGKAN

  7. hady junianto says:

    mohon penawaran kambing etawa berumur 1 th jantan atau betina
    kami berencana beli 1 ekor jantan dan 2 ekor betina

  8. arif malang says:

    HEBAT…………..!!

    makacih atas semuanya,bisa jd bekal saya di hari esok,
    jd lebih baik.

  9. farid says:

    di banjarmasin ada ngak y

  10. alfi says:

    kalo hanya di kasih kolonjono bisa tdk?

  11. masih terus prospek dan tetep menguntungkan

  12. kisaran harga untuk bulan juli sampai agustus untuk usia satu tahun dengan kriteria B induk bakal harga 800 sd 1.5 jt untuk pejantan 1jt

  13. ada juga tuh hampir di semua bagian kalimantan pernah kita kirim

  14. wah musti tetep di kasih Hijauan makan ternak yang lain untuk melengkapi nutrisi yang di perlukan kambingetawa

  15. Evander says:

    Berapa modal yang diperlukan untuk beternak kambing etawa ? berapa lahan minimal yang harus kita miliki untuk menampung ternak tersebut ?

    terimakasih

  16. irul says:

    saya kemarin membuat ternak kambing, tapi jenisnya bervariasi, ada etawa dan kambing kacang. tetapi tidak berhasil. dalam jangka waktu singkat, kambing-kambing saya mati semua…. awalnya kambing menjadi kurus, lalu tidak mau makan dan kemudian mati….tidak hanya kambing, tetapi sapi saya juga mengalami hal yang sama…akhirnya gulung tikar…gimana ya..problem apa kira-kira yang …..

  17. luthfi says:

    kalo saya punya uang 10 jt…kira kira sampai malang saya dapet bakalan indukan yg gimana pak, saya baru mau mulai coba miara kambing..

  18. harto says:

    tolong infonya pak terkait dengan budidaya kambing PE di sekitar jabodetabek , bagaimana scame bisnisnya dengan peternak ? tolong jawabannya pak, tks.

  19. Junior says:

    Om, saya ingin beternak kambing seperti anda
    tetapi saya masih gak tau cara menjual kambingnya nanti kalau sudah besar. Selain di jual ke pasaran ma perorangan di jualnya kemana lagi y?? Mohon di emailkan k email saya
    Sblm’y thx om…….

  20. Suzie says:

    ass.Saya mo tanya bagaimana merawat anak kambing yg baru lahir..

  21. rizal says:

    beli bibit kambingnya brp ya harganya???????
    kira2 prospek kambing etawa ini menjanjikan ga????

  22. hanafi says:

    Wah tertarik nih,,…nanya ya?

    Kalo buat pemula
    1.berapa minimal kambing yang harus dipelihara (perbandingan jantan dan betina)?, umurnya?
    2.untuk jumlah di atas berapa luas kandang yang diperlukan?
    3.berapa luas lahan untuk menanam rumput gajah buat pakannya?
    4.kalo lancar…berapa lama bisa balik modal?

    Makasih atas jawabannya….

  23. bayu says:

    saya pingin merintis usaha kambing etawa.
    1. kira2 brp kambing yg hrs d pelihara pd tahap awal?
    2. layout kndangnya gmna?
    3. untuk mendapatkan bibit dari mana dan yg bagaimana yg bagus?
    4. ransum pakan nya bagaimana?
    terimakasih sebelumnya

  24. SAYUTI says:

    pertanyaan saya hampir sama spt sdr Hanafi

    saya ingin beternak kambing etawa yang menghasilkan susu

    Kalo buat pemula
    1.berapa minimal kambing yang harus dipelihara (perbandingan jantan dan betina)?, umurnya?
    2.untuk jumlah di atas berapa luas kandang yang diperlukan?
    3.berapa luas lahan untuk menanam rumput gajah buat pakannya?
    4.kemana saya harus menjual hasil susu?
    5.kalo lancar…berapa lama bisa balik modal?

    Makasih atas jawabannya….

  25. sugianto says:

    Trims atas infonya
    Saya akan mulai ternak, berapa ekor jantan dan betina, untuk 0 ekor ukuran kandang berapa, disatukan atau dipisah, bahgaimana pola pakan, jenis dan komposisinya, umur berapa dan berapa harganya untuk bibit, setelah berapa lama perlu dijual.Diman saya bisa beli bibit untuk daerah serang dan jatiluhur.

  26. Bagong Sumarsono says:

    pak mohon info, apakah peternakan bapak menerapkan program plasma, saya tertarik untuk jadi plasma

  27. safri says:

    kalo mau kirim ke medan biayanya berapa ya pak?untuk pejantan 1 dan betinanya 2 ekor??? berikut harga beli??? tolong jawabannya di e mail aja ke ke savrie86@yahoo.co.id tks atas kerja samanya semoga segala sesuatu nya di karuniah kan tuhan YME? amin

  28. hendra says:

    kira kira jumlah modal awal habis berapa mas???

  29. Lamuk says:

    Kambing etawa, sejenis wirausaha yang bisa jadi pilihan bagi mantan TKI, ketika kembali ke Desa.

    Tanya, apa yang perlu disiapkan jika usaha kambing etawa akan dilakukan oleh komunitas?.

  30. insyaallah setelah lulus kuliah ane mau buat usaha kambing etawa……doain ya gan…… plus ane juga minta infonya……

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anak Gembala

Name: Sugiharto

Email:

Web Site: http://www.gunungkelir.com