kambingetawa
Published On: Tue, Apr 24th, 2012

Perawatan Kuku dan Tanduk Kambing Etawa

wedus etawaPada ternak jenis kambing etawa perawatan kuku kaki dan tanduk sangatlah perlu karena hal tersebut meski terlihat sepele namun bisa berakibat fatal.

Kuku pada kambing etawa biasanya dipotong sejak usia setelah lahir kesalahan perawatan kuku di awal kelahiran biasanya mengakibatkan kambing etawa susah berdiri, hingga dewasa kambing etawa biasanya memiliki karakter kuku kaki yang jelek.

kuku kambing etawa yang tak terawat biasanya cenderung pecah atau sobek yang berujung menyimpan kotoran yang terinjak kaki, dan sudah barang tentu jika kuku kaki menyimpan kotoran pastilah menimbulkan penyakit atau menyimpan larva (set) yang akan menggerogoti daging kaki kambing etawa.

Mempertimbangkan akibat yang besar dan bahaya maka sebaiknya rawatlah kuku kambing etawa agar tidak terjadi akibat yang buruk karena kuku kambing etawa yang tak terawat.

cara merawat kuku kambing etawa sebenarnya cukup mudah hanya melakukan pemotongan berkala sekitar kurang lebih 3 bulan sekali dengan cara mengiris kuku bagian luar dengan alat potong seperti pisau atau yang lebih mudah menggunakan gunting ranting yang tajam (gunting ini dapat dibeli di toko toko pertanian)

iris bagian terluar atau menggunakan gunting namun anda tetap harus cermat disarankan agar memotong bagian yang pecah atau mengelupas namun tidak boleh sampai habis sisakan kuku sekitar satu cm untuk melindungi tulang kaki terhadap pijakan, jika saat memotong terasa keras silahkan cuci dulu kaki kambing atau dibasahi beberapa menit lalu potong kuku kaki kambing perlahan.

lakukan perawatan itu terhadap tanduk kambing etawa karena tanduk kambing etawa yang tak terawat juga menimbulkan penyakit.

Tanduk kambing etawa yang panjang melingkar bisa jadi menekan kulit kepala hinga sering nya mengakibatkan kulit kepala kambing menjadi iritasi bahkan bisa menimbulkan gatal atau luka lecet, tidak jarang ditemui juga tanduk yang melingkar menutup mata atau menghalangi mata kambing etawa, jika hal ini terjadi sudah barang tentu sangat mengganggu perkembangan kambing tersebut.

terkadang jika tanduk kambing etawa dibiarkan berkembang liar memanjang biasanya patah karena bertumbuk atau mengenai diding kandang jika sempat terjadi di luar pengawasan kita biasanya segera dimasuki larva yang akan menggerogiti tanduk hingga masuk ke kepala kambing.

tidak susah sebenarnya merawat tanduk kambing hanya dengan cara rajin memotong jika sudah mulai panjang namun disarankan memotong tanduk jangan terlalu pendek karena bisa mengenai daging inti tanduk (cempurit) jika sempat mengenai maka segera harus disemprot dengan anti septik dan anti biotik di bagian yang mengeluarkan darah.

cara memotong tanduk hampir sama dengan memotong kuku cukup menggunakan gunting ranting yang tajam atau bisa dibantu digergaji dulu dengan gergaji besi sebelum kemudian dirapikan dengan gunting ranting, sesudah terpotong kemudian haluskan bekas potongan atau guntingan dengan kikir yang lembut untuk menghilangkan bekas sudut tajam pada tanduk kambing.

nah demikian tulisan ini semoga bermanfaat bagi teman teman peternak……

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. devi says:

    memerlukan kejelian dan ketelatenan untuk merawatnya, tapi akan mendapat hasil yang maksimal

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anak Gembala

Name: Sugiharto

Email:

Web Site: http://www.gunungkelir.com