8 responses

  1. Asep Mulyana
    08/02/2010

    Mas Sugih,
    Salam Kenal.
    Artikelnya sangat menarik dan bermanfaat, apa nama obat yang dipakai untuk menghancurkan plasenta yang masih tertinggal dalam rahim?
    Sekilas saya pernah mendengar tentang penyakit ini dari rekan2 di Kaligesing, jika menyerang cempe dinamakan penyakit kejang, untuk antisipasi apabila tali pusar tidak putus artinya kita harus memotong sendiri. Apakah dengan menggunakan alkohol dan betadine saja sudah cukup sebagai tindakan pencegahan? Atau adakah obat khusus yang diperuntukan buat cempe baru lahir?
    Terimakasih atas informasinya.

    Salam,

    Asep M.

  2. Raisuli
    12/02/2010

    Wah, trims pak, bagus sekali artikelnya. Membantu kita peternak pemula untuk mengantisipasi kelahiran wedus.

  3. enggar
    02/03/2010

    makasih bos, ilmu yg bermanfaat.

  4. selva rohman
    15/03/2010

    salam kenal…
    saya selva, saya ingin belajar bagaimana cara awal bagi pemula untuk beternak kambing? karena saya masih minim pengetahuan tentang kambing dan juga perawatannya.

  5. uyunmuzizah
    03/11/2010

    ass salam kenal mas ini uyun mau nanya saya punya cempe umur 1 bulan lincah banget tp masalahnya kok di glambirnya ada benjolan 2 sebesar kelereng kanan kiri gimana caranya supaya hilang mas,makasih sebelumnya mas dan waslm.

  6. puji
    10/06/2011

    salam mas gatok.mungkin bsa aku tambahi dikit mas.tetanus cempe bisa juga incubasinya sejak dalam rahim .prefentifnya cukupi asupan mineral utamanya magnesium pada induk bunting.caranya beri mineral mix yang kandungannya lengkap.ada calsium, magnesium dll.klu calsium biar cempenya nggak lahir lemes, air susu induk jg akan tinggi produksinya.proses kelahiran juga relatif lancar.

  7. kong nen
    05/12/2013

    bisa kasih obat tetanus manusia bleh gk bos

Leave a Reply

 

 

 

Back to top
mobile desktop