Published On: Sun, Nov 15th, 2009

Mengawinkan Kambing Etawa

kambing kawinDalam usaha peternakan kambing etawa kita memang haruslah memahami cara reproduksi kambing jenis etawa ini sebab pengetahuan untuk sistem reproduksi kambing etawa nantinya akan mempengaruhi perkembangan usaha beternak kambing etawa.

Beternak Kambing Etawa memang tidak seperti umumnya kambing lokal yang bisa kawin dengan sendirinya dan tak ter jadual.

Mengawinkan Kambing etawa memang harus mengetahui dari siklus birahi dari bakal induk kambing etawa, kambing etawa memiliki ciri atau tanda birahi yang berbeda beda tergantung dari ciri dasar bawaan dari kambing, walaupun secara garis besar tetap mudah untuk dipelajari. (untuk mengetahui siklus birahi silahkan klik di sini)

Setelah memahami siklus birahi bakal induk kambing etawa tentu saja kita akan mengenali ciri-ciri umum kambing saat birahi untuk siap di kawinkan.

Berdasar pengalaman dan umumnya para peternak kambing etawa di wilayah kaligesing mengawinkan kambing etawa pada pagi hari dengan cara mencampur kambing betina yang siap kawin tersebut dengan pejantan selama beberapa jam sampai berhasil kawin.

Mengawinkan Kambing Etawa membutuhkan kesabaran yang lumayan oleh peternak sebab kadang tidak bisa langsung kawin karena kecocokan antar kambing juga harus disesuaikan, tidak jarang harus berganti pejantan karena kadang perbedaan postur tubuh antara betina dan pejantan.

kambing kawinDalam Mengawinkan kambing etawa kita harus benar benar melihat jelas perbedaan potur tubuh antara betina dan pejantan kambing etawa, sebab jikala pejantan terlampau besar sedang induknya tidak mampu menopang tubuh pejantan maka prosesi mengawinkan kambing etawa tersebut tidak tercapai.

Mengawinkan Kambing etawa dengan melihat jenis dan kelasnya tentu juga sangat berpengaruh terhadap hasil peranakan kambing etawa yang nantinya akan di hasilkan.

Untuk cara dan memahami proses mengawinkan kambing etawa kita harus tahu saat yang tepat guna menghasilkan keturunan yang baik sebab masa kawin yang terlalu dini akan menghasilkan kambing yang berkwalitas kurang baik.

untuk memahami siklus dan masa kawin silahkan klik di sini

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Displaying 12 Comments
Have Your Say
  1. gajah_pesing says:

    ternyata siklus birahi masih mempengaruhi hasil keturunan, baru tahu saia

  2. riFFrizz says:

    wow tips kawin buat kambinmg yang baguz

  3. saifuna says:

    pertamxxx gak yakz hehe

  4. YUDI NASRUDIN says:

    SALAM KENAL..kang saya mo tanya..klw mengawinkan kambing induk dg anaknya ga apa2? masalahnya pejantan sy mati

  5. mas amin says:

    etwwwwaku yang jantan ko ga nafsuan..ada saran?

  6. bondan prakoso says:

    apabila kita suntikkan hormon, agar si kambing birahi lagi..
    apakah nantinya akan berdampak kepada keturunannya?

  7. muklis says:

    Salam Kenal…. Pak sy mau tanya klo mengkawinkan kambing etawa miinimal umur berapa bulan dan apabila pejantan tsb menaiki betina sampai 3 kali apakah dpt berhasil dikawinkan apa tidak? tlng di bls.

  8. [...] Mengawinkan Kambing Etawa [...]

  9. Hanafi says:

    betina etawa kawin dengan kambing pejantan lokal gmn ya?

  10. yang pernah saya coba bisa bunting namun hasil anak nya agak jelek

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anak Gembala

Name: Sugiharto

Email:

Web Site: http://www.gunungkelir.com