Published On: Sun, Aug 30th, 2009

Makanan Tambahan Kambing Etawa

dsc01088Pemberian makanan tambahan untuk kambing etawa memanglah perlu apalagi pada saat saat musim kemarau dimana biasanya cadangan untuk hijauan makanan ternak menipis.

Pengalaman yang diterapkan para peternak di lingkungan Desa Donorejo,Somoroto,Pandanrejo,dan desa desa di sekitar sentra kambing etawa ini berasal, biasanya dengan membarikan pakan atau makanan tambahan untuk mengganti nutrisi yang di butuhkan untuk kambing etawa yang berasal dari hijauan pakan ternak.

Pada masa lalu biasanya para peternak dengan sabar dan tradisional membuat sendiri makanan tambahan tersebut dengan bahan bahan yang tersedia di sekitar peternak seperti ketela ubi, ampas tahu, dedak ( katul )

Pemberian makanan tambahan dengan cara tradisional tersebut memanglah belum mengacu stadarisasi kebutuhan gizi dan nutrisi untuk kambing etawa namun masih sekedar karena keterbatasan tersedianya hijauan makanan ternak , para peternak umumnya sederhana sekali membikin makanan tambahan dengan bahan dasar ubi ketela atau singkong yang hanya di kupas kulitnya kemudian di cacah kecil kecil yang selanjutnya di campur dengan ampas tahu jikala ada kalopun tak ada biasanya hanya di campur dengan dedak ( katul ) yang di basahi dengan air garam di campur gula merah secukupnya.

kambing etawa minumanUntuk waktu waktu sekarang sebagian peternak sudah merasa hal tersebut kurang praktis dan jikala tidak hati hati bisa menimbulkan kegemukan yang mengacu pada sulitnya beranak pinak karena kegemukan yang akhirnya membuat terganggunya organ dan hormon reproduksi kambing etawa.

Saat ini telah hadir dan banyak sekali jenis makanan tambahan yang sudah di ramu dalam bentuk konsentrat dan semacamnya seperti beberpa produk yang telah di uji para peternak.

Umumnya makanan tambahan tersebut memiliki bahan bahan dasar yang komplit mulai dari kulit kedelai , tepung jagung, serta bahan lainya.

Makanan tambahan ini di beberapa tempat budidaya ternak kambing etawa sudah bukan lagi hal yang asing dan biasanya malah di berikan secara rutin mengingat tidak semua tempat peternakan dan budidaya kambing etawa memiliki lahan hijauan pakan ternak yang cukup.

Pemberian makanan yang berupa konsentrat atau sejenisnya biasanya di berikan sekali sehari sedangkan porsi untuk per ekor kambing tentulah sangat berbeda beda bergantung berat badan dan usia kambing etawa , secara kasar dan umumnya pemberian konsetrat atau makanan sejenisnya di hitung minimal 3 % sampai maksimal 10% dari berat badan kambing etawa  .

Pemberian Makanan dalam bentuk konsentrasi memang harus menggunakan pedoman pedoman yang benar sebab jikala tidak tentu akan berakibat fatal yang tidak menutup kemungkinan keracunan atau kekenyangan yang berakhir tewasnya ternak .

Berdasar pengalaman saya dalam beternak saya akhirnya membiasakan mengelompokkan kambing berdasar berat badan dalam memberikan makanan jenis konsentrat dan alangkah lebih hati hati jikala pemberian makanan seperti tepung brand ( polar ) tetep di campur dengan potongan rumput gajah atau hijauan yang lainya sebelum di campur air dan sari tetes tebu atau gula merah dan garam, serta timbanglah ternak secara berkala sebulan sekali untuk mengetahui porsi yang di butuhkan.

makanan tambahan ettawaSebenarnya memang ada teori dalam menghitung kebutuhan nutrisi untuk kambing etawa namun teori itu muncul juga berdasarkan hitungan dari pengujian praktek di lapangan yang tentu mengacu pada kelayakan.

Jikala anda memiliki keinginan beternak sementara lahan pakan belum mencukupi ataupun tak memiliki lahan yang luas untuk hijauan pakan ternak tentu sja tak akan menyurutkan niat untuk beternak setelah mengetahui mengenai pemberian pakan pengganti hijauan.

selamat beternak dan salam sukses untuk peternak indonesia

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Displaying 12 Comments
Have Your Say
  1. zulfan says:

    rekan mohon infonya, bagaimana cranya untuk menghilangkan bau dari kencing kambing etawa, saya sudah copba dengan EM tapi ndak mempan.
    Terima KAsih

  2. idnet.tendi says:

    pak totok untuk pemeliharaan kambing etawa ini berapa radius / area dari pemukiman penduduk,karena kemungkinan bau yang menyengat dari kambing itu akan mengundang protes dari warga sekitar.
    apakah ada cara untuk meminimase bau tak sedap kambing,agar tidak terlalu mengganggu lingkungan sekitar(perlu lakukan apa untuk menjaga lingkungan tetap terkendali dari bau tak sedap itu !)
    terima kasih … bila dapat informasi yang kami butuhkan ini atas jawaban bapak.

  3. wina says:

    begini,kami punya masalah mengenai anak kambing yang berumur 1 bulan. pada saat lahir anak kambing tersebut lahir secara normal dengan kondisi kesehatan yang baik. Namun seminggu terakhir ini anak kambing tersebut mengalami kelumpuhan secara mendadak, tetapi asupan makanan tetap dapat diberikan secara normal.
    yang ingin kami tanyakan apa penyebabnya?dan bagaimana cara penanggulangannya?serta upaya pencegahannya?
    Terimakasih.

  4. udik says:

    wis tahu nyobak “SOZO” ta? dijamin masio kandang mepet temboke tonggo gak atene mambu,kotoran langsung iso dadi pupuk,pertumbuhan wedus apik,reproduksi yo apik,pokoke gak mengecewakan (iki duduk promosi pancen kenyataan lho)

  5. udik says:

    wina,
    kemungkinan kambing anda waktu dikandungan induknya kekurangan zat kapur sehingga waktu lahir anaknya lemah,walaupun secara fisik kelihatan sehat.
    pencegahannya :
    pada waktu induk bunting 2 bulan sampai melahirkan berikan mineral tambahan,kalau mau diberi mineral secara alamiah buat campuran : kapur (yang sudah hancur) 1 kg, batu merah ditumbuk halus 1 kg dimasukkan kedalam air 10 liter, tiap hari diberi air jernihnya saja sekitar 100 ml.
    bila air setiap hari diambil 100 ml,maka dalam campuran airnya harus dituang sebanyak 100 ml sebagai pengganti,terus lakukan sampai endapan campuran kapur&batu merah habis,jangan lupa setelah mengganti (menambah) air maka larutan diaduk kemudian didiamkan sampai dibuat minuman berikutnya, cherio

  6. tony_sapi says:

    Saya masih tetap penasaran mengenai makanan kambing sejenis konsentrat yang bisa menggantikan hijauan, umumnya mereka menyebutnya dengan COMPLETE FEED atau disingkat menjadi ComFeed.
    Saya bermaksud untuk membuatnya sendiri, yang menjadi masalah adalah saya tidak/belum tahu bahan pembuatannya apa saja, porsi/takaran untuk setiap komponen bahan tersebut bagaimana.
    Apakah ada yang bersedia berbagi pengetahuan.

  7. tony_sapi says:

    Hal yang sama juga baru saya alami, lemah-lumuh kemudian almarhum.
    Terimkasih banyak atas pencerahannya.

  8. abukayla says:

    Pak, mau tanya nih, ..
    Klo roti2 bekas untuk campuran makan kambing dan domba bisa gak..?
    Klo bisa bagaimana cara penyajiannya..?

    Abukayla

  9. rina ardana says:

    saya mau tanya
    1.bagainana sterilisasi susu kambing untuk dikemas?
    2.kemasan apa yang cocok untu mengemas susu kambing etawa?
    3.berapa lama susu bertahan dalam kemasan?
    4.berapa seh pasaran harha susu per liternya?
    terima kasih………..

  10. [...] Makanan Tambahan Kambing Etawa [...]

  11. lamy says:

    Mas mulai memberi pakan kambing….WAKTU….nya gimana….dari pagi atau sisng kira-kira jam 12 sampai malam????

  12. nanti saya postingkan yah mas

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anak Gembala

Name: Sugiharto

Email:

Web Site: http://www.gunungkelir.com