Published On: Thu, Feb 26th, 2009

Kandang Kambing Etawa

Kandang kambingDalam melakukan kegiatan beternak kambing etawa tentu akan muncul persoalan tempat memeliharanya, yaitu kandang kambing.

Sebenarnya kandang kambing etawa secara umum memiliki fungsi yang serupa dengan rumah atau merupakan tempat untuk tinggal bagi ternak, jadi bayangkan saja ketika kita menjadi kambing (hahaha),

Tentu kita harus memiliki keseriusan dan ketelitian dalam membuat kandang agar kandang tersebut menjadi nyaman bagi kambing yang akan tinggal di dalamnya.

Pada perinsipnya membangun kandang etawa adalah memiliki tujuan agar kambing etawa nyaman dan bisa bereproduksi secara normal.

Dalam membangun  kandang kambing etawa hendaknya memiliki fungsi sebagai berikut :

kambing etawa1. Kandang Kambing adalah tempat aktifitas kambing, seperti makan, tidur, kencing, minum dan lain sebagainya.

2. Kandang kambing sebagai tempat berlindung dari panas, hujan, dan terpaan angin.

3. Kandang kambing sebagai tempat berlindung dari pemangsa atau hewan penggangu lainya

4. kandang kambing sebagai pencegah liarnya kambing etawa, atau menghindarkan kambing untuk memakan dan merusak tanaman lain.

5. Kandang kambing sebagai tempat penjagaan dan pengawasan ternak

Membangun kandang kambing etawa memang agak lain dengan membangun kandang ternak seperti sapi atau kambing domba, karena ke unikan kambing etawa ini terlahir dari sebuah kebiasaan masyarakat di sekitar ternak itu berasal dari Kec Kaligesing Kab Purworejo.

Tentu melalui proses perkembangan serta uji kelayakan di lapangan yang cukup lama dan panjang, pembuatan kandang yang dilakukan para peternak di desa kami hingga kini melahirkan desain yang disepakati oleh sebagian besar peternak di lingkungan saya.

kandang etawaKandang Kambing Etawa biasanya dibuat berpanggung dengan tujuan air kencing dan kotoran bisa jatuh ke bawah melalui sela lantai panggung (tataban), hal ini disebabkan karena kotoran dan air kencing akan menganggu kesehatan ternak jikala bersentuhan langsung dengan kaki kambing.

Lantai bawah panggung biasanya juga merupakan tempat mengumpulkan kotoran kambing yang bisa digunakan menjadi pupuk, bahkan beberapa teman peternak yang sudah maju biasanya membuat lantai ini dengan disemen (lantai) dan dibuat kemiringan agar supaya kotoran mudah mengumpul, bahkan ada juga yang didesain untuk mengumpulkan air kencing kambing yang juga sebagai pupuk.

Membangun kandang kambing etawa memang sebaiknya tidak terlalu dekat dengan pemukiman namun jikala terpaksa juga tidak terlalu riskan karena jika kita rajin membersihkan dan dengan sanitasi kandang yang baik tidak menimbulkan bau yang menganggu, kebanyakan peternak di lingkungan saya juga membangun tidak jauh dari rumah, namun jikala anda membangun dengan tujuan untuk memelihara dalam jumlah banyak tentu harus di perhitungkan lebih matang.

Untuk skala pemeliharaan dalam jumlah kecil di bawah sepuluh ekor tentu sangat sederhana dan murah, karena pada perinsipnya se ekor kambing membutuhkan luas 1,5 m untuk ruang geraknya .

Membangun kandang etawa memang harus dibatasi, tentu agar membatasi ruang gerak yang berlebihan, karena jika berlebihan gerak kambing jenis ini akan lama perkembangannya.

Kenapa kandang etawa harus disekat….?

Membuat kandang kambing etawa memang harus disekat antara kambing satu dengan yang lain kambing ras etawa biasanya beradu jika dikelompokan lebih dari 2 ekor yang tidak se induk.

Kandang kambing ini harus memiliki pemisah (sekat) sebab kambing ini memang harus dipisah dari pejantan (trus kapan kawinnya hahaha nanti kita bahas lain postingan tentang siklus birahi dan mengawinkan kambing etawa)

Membuat kandang kambing etawa haruslah memiliki tempat yang tidak terlalu banyak angin karena kambing jenis ini mudah kembung atau memiliki kelemahan tidak tahan terhadap tiupan angin yang terlalu kencang namun harus memiliki ventilasi yang cukup.

kandang etawaMemperhatikan hal hal tersebut Insya Allah menepis anggapan kalo beternak etawa itu susah, bahkan tidak sedikit orang mengira bahwa kambing jenis ini susah di pelihara di daerah datar (atau non pegunungan), sebenarnya hanya karena tidak memahami kemauan dan kebiasaan kambing saja, jika kita memahami dan mempelajari dengan seksama tentu akan mendapatkan solusi dalam beternak kambing ini.

Beternak kambing etawa adalah sebuah Investasi yang nyata dan tak membutuhkan teori stastistik yang muluk muluk, jika petani dilingkungan saya bisa tentu anda juga bisa…..

Beternak Kambing Etawa adalah sebuah usaha yang nyata ……

Tags: , , , , , , , ,
Displaying 89 Comments
Have Your Say
  1. HARY says:

    IYA KALI ??? HEHE DAH PUNYA BERAPA KANG AQ PENGEN BAGI2 PENGALAMANMU

  2. Teguh Dahana says:

    Salam kenal,

    Kira – kira, budidaya kambing etawa untuk di daerah Cepu – Blora cocok enggak ya? Kalo nyoba 5 ekor yg masih bakalan trus kandangnya, pakannya dan sebagainya kira – kiar habis berapa ya? Tolong dong di emailkan ke saya!? Trim’s.

    Salam,
    Teguh Dahana

  3. Murnianto says:

    Bagus … salut … Usaha nyata.. dari pada ikutan politik. nggedabrus thok..

  4. roni > dr udang pngn ke kambing.. says:

    pngn nyoba kambing ni…sek, tak lumpuk2 duit dl. Mumpung sek enom cak! Jd dr perikanan ke peternakan…dr yg g kliatan yg dpiara (udang) ke yg bs dliat…siip!

  5. decon says:

    pakdee..
    kandang itu bahannya kayu apa?
    Kayu Jati ato sengon atau apa?
    mbok ya saya dikasih orek2an detilnya dhe…
    gambar denah tampak potongan perspektif 3D dll
    termasuk RAB ya dhe..
    nuwuun pakdhe..

  6. cah brebes says:

    kriteria grade a kambing etawa itu apa saja bos ‘ kalau jantan grade a lalau induknya bukan dari grade a kalau di kawinkan keturunanya bagaimana apakah bisa 70%

  7. Dede adam says:

    mas, saya ingin tanya.

    saya punya kambing betina yang lagi hamil besar, dan udah melewati masa kehamilan 5 bulan dan nggak lahir-lahir, ambingnya yang semula membesar dan turun kini menjadi kecil lagi dan perutnya udah mulai rada kempis.

    dan ada juga kambing yang melahirkan prematur(kurang dari 5 bulan) anak yang dilahirkannya buta dan hanya bertahan 6 hari.

    kira-kira apa yang terjadi ya? apa hal ini pernah terjadi juga sama mas.

    terimakasih atas jawabannya.

    dede

  8. hal tersebut pernaqh dan sering kita alami mas disini terkenal namanya sembilangen nanti saya akan postingkan hal ini

  9. abubakar says:

    HARGA SUSU,FACES DAN URINENYA PER KG BERAPA? KALAU BUAT KANDANG UNTUK KAPASITAS 10 EKOR BERAPA YA PAK?

  10. sigit says:

    Permisi melu ngumpul kok menarik yah
    mohon pencerahan dongg, mengenai ternak kambing etawa.
    karena lagi mau mulai bentuk kandang, ukuran. beli bibitnya dimana.

    Salam dari batam

  11. febry says:

    salam kenal mas..mau nanya tentang ukuran dan desain kandang yang baek gimana?trus arah cahaya matahari (timur,barat)apa juga diperhitungkan? trim ya mas..

  12. kholiq says:

    Beli bibit kambing untuk daerah jawa timur dimana kang?
    Aku mau mulai usaha ternak nih di daerah sidoarjo.

  13. Hendra says:

    Asslmkm… Mas Totok… salam kenal dari Hendra Situbondo, nyuwun tolong kirim gambar stok kandang jennengan… calon indukan… klo bisa sama harganya ke mne_yara@yahoo.com Matur Nuwun…

  14. abul hadi says:

    percuma banyak yang tanya…..
    gak ad jawabannya….
    yang buat blog ini niat gak sebenarnya…
    jawab donk pertanyaan…
    kasihan yg sudah tanya,,jangan buat org terlena..

  15. maZ bei says:

    pas banget, saya lagi mulai beternak kambing, yang udah ini kambing biasa (gembel gitu lho ). Rencana mau coba etawa, tapi mesti bikin kandangnya dulu. Ku tunggu info-info mutakhir berikutnya. Bravooo! Emmmmmbeeeeek! oya met kenal ma sobat-sobat yang juga “cinta” ma embek.

  16. tanya belum di jawab kok marah pak dan beberapa sudah di jawab via email kok kadang jawaban nya saya posting juga kok mohon yang sabar pak

  17. tholib says:

    Asslm alakm…Mas Totok salam perkenalan,tolong dong saya dikirimi gambar kandang indukan Etawa ke tholib_sr@yahoo.co.id trimakasih.

  18. segera saya akan postingkan saja biar di lihat bersama nanti terima kasih

  19. handi-brebes says:

    Ass,
    pa-boss, kalau di daerah brebes utara cocok engga’ untuk etawa, mksh banyak..

    Wass,

  20. Agus Setiawan says:

    Mas Kalau dikasih Pakan Sejenis Daun kacang-kacangan(Cipir) bagus ga Buat KAmbing

  21. Ir.H.Aris perdana k. says:

    Ass WR.WB

    Kulonuwun Mas, maaf mohon info nya
    Kalo rute ke tempat mas Toto, sebaiknya dari arah Mana ya mAs,
    Saya agak Jauh dari BEKASI, JAWA BARAT. mohon dijelaskan rute garis besarnya, tapi detail setelah di wilayah mas toto nya.
    artikel dan banyak saya baca tapi saya penasaran banget ; on the spot
    datang langsung ke lokasi, Boleh nginep gak mas maaf bukan mo ngerepotin, ya dideket penginepan yg gak jauh lah, tapi gak di kandang bareng kambing juga sih ….moso tega ; wong mau belajar
    boleh kan mas… ya berbagi ilmu kan halal ya mas ;
    Mohon di jawab ; saya coba atur schedule rencana kunjungannya mas
    makasih banyak ,..Was.WR.WB….

  22. Ir.H.Aris perdana k. says:

    mohon disorry nambah dikit mas toto;
    mohon kirim foto kandang sebelumnya ke email saya ; arispk@shintokogyo.co.id ;
    1. Kandang anakan, pembesaran.
    2. Kandang khusus kambing jantan.
    3. Kandang Perempuan dan persiapan lahiran.
    nah jadi pas dateng insya Allah gak gelap banget gitu loh…
    bantu ya mas, makasih banget.

    sebagai info saja saya baru buka lahan persiapan buat kandang
    tapi mau disesuaikan lah ; ukuruan dan spek kandang thd rencana ternak ;
    penggemukan ; pembibitan ; di bantu ya

    makasih banget mas…..WASS.WR.WB…

  23. sitor says:

    umur berapa to mas kambing betina siap dikawinkan

  24. ant says:

    saran mas,
    tolong informasi yang sekiranya bakal jadi bahan yang sering di tanyain orang jangan cuma di jawab via email penanya biar mas e g ribet harus jawab trus2an ma pertanyaan yang sama.

    Buat para pengunjung!
    klo punya info ato contact person di tinggal ya biar kita ndak jadi beban banget buat si empunya blog.

    buat blognya sukses slalu ya!

  25. dery says:

    kerenz

  26. dedi zheca says:

    Aku rela jual angkot dan kontrakan demi etawa…
    hidup Etawa..
    hidup kambing..
    hidup PERSIB..

  27. aqiqah says:

    wah jadi kepengin nih nanti kalo ada waktu tak main ketempanya mas..

  28. [...] 3. Manajemen dan Sistem Perkandangan [...]

  29. banyu says:

    terimakasih infonya mas.

  30. tejo says:

    wah… mas. blognya sngat mmbantu skali. terima kasih ya… semoga sukses. salam pecinta etawa

  31. Toto says:

    Met kenal mas…kebetulan nama kita sama mas…mudah2an rezekinya bs sama yaa…
    Saya pengen tau banyak tentang kambing etawa (teknik pemeliharaan dan cara pembuatan kandang dll) dan peluang bisnisnya..misalnya dengan pemanfaatan daging, susu dll
    Mohon di bantu mas…terima kasih

  32. Ahmada May Enggar Rista says:

    apik

  33. warsono,sp says:

    saya sangat tertarik beternak kambing, cuma saya skrg masih di Riau 3 tahun lagi baru pensiun tapi saat sekarang saya sdh punya 10 ekor betina semuanya rencana untuk pembibitan dulu di pelihara oleh adik saya di Kartosuro, kemana kami berkonsultasi ttg kambing ini, mtks

  34. [...] Dalam melakukan kegiatan beternak kambing etawa tentu akan muncul persoalan tempat memeliharanya, yaitu kandang kambing. [...]

  35. andre says:

    mau nanya mas.. kira2 kambing etawa bisa di ternak di kawasan kepulauan tidak ya??

  36. insya allah saya bisa membantu

  37. Zaki says:

    Salam Pak, saya dari tebet jaksel, saya mau beli betina etawa yang sudah afkir untuk kambing potong, kebutuhan saya per minggu 30 ekor.
    Bisa tidak pak?

  38. sila telp ke kontak ternak untuk lanjutan pembicaraan

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anak Gembala

Name: Sugiharto

Email:

Web Site: http://www.gunungkelir.com