kambingetawa
Published On: Mon, Oct 13th, 2014

Kambing Kaligesing

kambing kaligesingKambing Kaligesing
sebagian orang banyak bertanya seperti apakah kambing kaligesing dan bagaimanakah sebenarnya kambing kaligesing, kambing kaligesing adalah ras baru yang dihasilkan dari persilangan antara kambing Etawa yang didatangkan dari Pradesh distrik Etawah India dengan kambing lokal yang di budidayakan oleh masyarakat Kabupaten Purworejo khususnya Kecamatan Kaligesing.
pada awal mulanya Kambing Etawa hanya sebagai kambing kelangenan atau prestige oleh pemilik pemilik kambing yang kemudian oleh masyarakat di kawinsilangkan dengan kambing lokal yang di budidayakan di daerah Purworejo.
Daerah Kecamatan Kaligesing adalah sebuah tempat yang memiliki tradisi ataupun kebiasaan memelihara kambing hingga pada jaman dulu kambing etawa secara tradisional dipelihara oleh masyarakat daerah Kaligesing, meski pada jaman dahulu hanya orang orang yang memiliki kedudukan tertentu ataupun memiliki jabatan saja yang memelihara kambing etawa, namun dalam perkembanganya kambing etawa yang memiliki perawakan bagus akhirnya dikawin silangkan dengan kambing lokal yang dipelihara masyarakat di wilayah Kecamata Kaligesing yang memang memiliki jenis kambing lokal yang sudah relatif besar.
kambing etawa kaligesing adalah hasil persilangan genetika antara kambing etawa dengan kambing lokal maka tak jarang sifat genetikanya tidak tetap, terkadang peran pejantan mendominasi namun tidak jarang induk yang memegang peran dalam genetiknya.
sifat genetika kambing persilangan yang tidak tetap tersebut menjadi nilai seni tersendiri dan sangat unik yang hingga kini menjadi sudut ketertarikan dan keunikan beternak kambing etawa kaligesing.
pola warna hitam putih dan memiliki gumla serta perawakan yang tinggi dan besar menjadi khas jenis kambing etawa kaligesing, kambing genetik kaligesing atau sering dikenal sebagai kambing etawa kaligesing itu dihasilkan dari pola perkawinan silang yang terjaga serta pola pakan yang secara tradisional dikembangkan oleh masyarakat pendahulu ternak di kaligesing.
kambing kaligesing kemudian menjadi sebutan untuk kambing peranakan etawa yang dibudidayakan oleh masyarakat kaligesing, meski dulu belum memiliki hak paten namun secara teori kambing etawa kaligesing merupakan kambing ras baru dari hasil persilangan kambing etawa dengan kambing lokal.
Kambing Kaligesing yang dihasilkan oleh persilangan kambing etawa tetap memiliki keunggulan susu kambing secara nutrisi dan struktur daging yang berkwalitas disamping perawakan yang bagus untuk binatang peliharaan jenis kambing.
keunggulan nutrisi susu maupun daging kambing hingga keturunan bibit kambing etawa yang baik tentu saja sangat dipengaruhi oleh kebiasaan hidup kambing atau pola hidup kambing kaligesing yang secara tidak langsung telah terpola dalam waktu yang panjang yang dilakukan oleh peternak kaligesing.
jenis variasi hijauan pakan ternak yang baik serta sanitasi kandang dan tata letak kandang tentu sangat berpengaruh terhadap perkembangan kambing, hal tersebut berdasar pengalaman yang panjang bahkan beberapa pengalaman teman teman pengembang budidaya kambing kaligesing, jika dipelajari akan menjadikan acuan dalam beternak, semisal prosentase pemberian hijauan jenis rumput dengan rambanan, akan menghasilkan ternak yang alami dan berumur panjang kemudian pemberian makanan tambahan konsentrat ataupun fermentasi yang salah dan berlebihan terkadang bisa mengakibatkan kambing memiliki umur yang pendek dan tak menutup kemungkinan akan mengubah struktur daging dalam ternak kambing.
dalam perkembanganya kambing etawa ras kaligesing pernah dimintakan hak paten ke Depkum HAM namun belum disetujui dan kemudian di akui SK mentan dengan sebutan Kambing Ettawa Kaligesing yang semula di usulkan Kambing PE Ras Kaligesing.
kambing kaligesing menjadi sebutan yang paling sering di ucapkan untuk kambing etawa kaligesing sejak SK Mentan Juli th 2010.

About the Author

Displaying 6 Comments
Have Your Say
  1. […] Desa wisata yang memiliki potensi wisata alam Kars, Goa Seplawan serta salah satu sentra budidaya peternakan Kambing Etawa, merupakan salah satu Desa yang memiliki akses jalan yang sempit, meski jalan beraspal mulus namun […]

  2. […] Kambing Kaligesing […]

  3. […] Kambing Kaligesing 13 Oktober 2014 […]

  4. […] kata itu adalah pelekat ingatan untuk seorang temanku. Kembang dan kambing merupakan dua hal yang dekat dalam kehidupannya. Sejak mengenalnya di warung kopi aku cuma […]

  5. […] SAC (Sumber Adventure Centre) yang berada di Jl Kutoarjo-Kebumen Km. 3,5 Desa Andong Purworejo ini kebetulan adalah lintasan […]

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Anak Gembala

Name: Sugiharto

Email:

Web Site: http://www.gunungkelir.com