Published On: Fri, Apr 3rd, 2009

Ciri Umum Kambing Etawa

Pejantan Kambing EtawaUntuk anda yang mungkin masih awam sekali mengenai kambing jenis Peranakan Etawa sangat mungkin sekali akan susah menggambarkan seperti apa ciri ciri secara gampangnya tentang kambing jenis peranakan Etawa ini

Kambing Etawa Ras Kaligesing ini asal muasalnya didatangkan dari India oleh pemerintah Belanda pada masa penjajahan yang kemudian secara turun temurun di kembangbiakkan oleh masyarakat Desa Donorejo,Kec Kaligesing,Kab Purworejo

Namun dalam perkembangannya kini kambing peranakan Etawa ini akhirnya di budidayakan secara meluas hampir di seluruh Kabupaten Purworejo ,bahkan telah merambah di beberapa wilayah seperti Jogjakarta, Kudus, Jepara, Banyuwangi, Malang, Kediri, Trenggalek dan kota kota lain di luar Jawa.

Kambing Peranakan Etawa Ras Kaligesing ini sebenarnya memiliki kelebihan fungsi untuk di budidayakan yaitu Fungsi sebagai kambing penghasil Daging dan Penghasil Susu

Sedang pengembangan usaha budidaya kambing etawa didasarkan pada beberapa jenis :

1 . Penggemukan.

2 . Pembibitan.

3 . Perahan.

Untuk Ciri-ciri Umum Kambing Peranakan Ettawa (PE) Ras Kaligesing :

A . Kambing Etawa Betina

anak-kambing-etawa-51. Badan besar.

2. Tinggi gumba  70-90 cm.

3. Berat hidup  45-80 kg.

4. Panjang badan jantan  65-85 cm.

5. Kepala tegak, Jenong menyerupai ikan Louhan, garis profil melengkung.

6. Memiliki tanduk mengarah ke belakang ( kebanyakan pendek ).

kambing-etawa-coklat7. Telinga  panjang 10 cm – 28 cm serta melipat pada ujungnya lebar menggantung.

8. Ambing berkembang baik, puting susu besar dan panjang.

9. Pola Warna bulu bervariasi antar hitam, putih, coklat kekuningan atau kombinasi keduanya.

10. Paha kaki belakang berbulu lebat dan panjang ( Rewos ).

A . Kambing Etawa Jantan

pejantan-kambing-etawa-11. Badan besar.

2. Tinggi gumba 90-110 cm.

3. Berat hidup 65-120 kg.

4. Panjang badan 85-115 cm

5. Kepala tegak, garis profil melengkung

6. Memiliki tanduk mengarah ke belakang

kambing-jantan7. Telinga lebar menggantung panjang serta melipat pa da ujungnya. Panjang jantan 25-41 cm

8. Lingkar testis bisa mencapai 23 cm

9. Warna bulu bervariasi antar hitam, putih, coklat kekuningan atau kombinasi keduanya

10. Paha kaki belakang berbulu lebat dan panjang

Demikian gambaran ciri ciri umum bagi yang belum mengenal Kambing Jenis Etawa , apabila berkenan untuk melihat secara jelas dan belajar langsung silahkan datang atau berkunjung ke sentra peternakan kambing etawa di Desa Donorejo,Kec Kaligesing Kab Purworejo .

Anda dapat melihat langsung keseharian para peternak dan sekaligus menimba pengalaman dari warga masyarakat mengenai cara beternak dan budidaya kambing, Kandang Kambing, perawatan, susu, harga, bahkan juga bisa melihat beberapa jenis kambing etawa super yang ada, karena hampir seluruh warga di desa tersebut membudidayakan kambing pernakan etawa.

sedangkan apabila anda ingin melihat tentang harga jual kambing etawa anda boleh mengunjungi Pasar Kambing Etawa setiap hari Sabtu yang terletak di Desa Pandanrejo, Kec Kaligesing, Kab Purworejo, Jawa Tengah

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Displaying 32 Comments
Have Your Say
  1. gajah_pesing says:

    aku malah gak nyadar kalo selama ini kambing ettawa itu sangat besar sekali, pertama kali liat di gunungkelir, byuh… asli wedi…
    hahahaha….
    suk nek aku butuh nyuwun tolong di ajari carane ternak sekalian nge-jualnya….

  2. suryaden says:

    bikin ngiler aja, gimana mbedain lingkar putingnya belum ada, jiyakaka… mosok ada lingkar testis… wah hahhaha…

  3. novi says:

    pulang2 dari Kalimantan jadi penggembala lagi.
    tunggu saja, nanti kalau ada seminar blog di pondok profile sampeyan kujadikan contoh, bahwa Blog itu lintas profesi, siapapun bisa ngeblog. Peternak kambing pun . Klik saja url http://www.kambingetawa.org .. he he he

  4. Ikhsan says:

    bau nggak ya?

  5. edo says:

    Wah, pembahasannya begitu detil. Tapi gimana mas cara bedain Kambing PE sama Kambing Etawa yang masih ras asli?

    Mungkin lebih keren kalo di website ini ada page khusus untuk bursa jual beli kambing sekalian…

  6. abdul halim says:

    tuan… tolong dijelasin apa bedanya KAMBING ETAWA dan KAMBING KALIGESING..?
    dilihat dari ciri-cirinya seperti apa sih..?
    dab bagaimana cara untuk memelihara yang baik kambing tersebut?

  7. [...] Peranakan Etawa ini memiliki ciri khas pada bentuk mukanya yang cembung, bertelinga panjang-mengglambir, postur tubuh tinggi (gumla) [...]

  8. aliasayeef says:

    apik-apik rek weduse………..

  9. sayeef says:

    baguss banget weduse………..

  10. wedus says:

    aq malah pingin ngembangin kambing balap moga bisa!

  11. [...] Kambing Etawa Ras Kaligesing ini asal muasalnya didatangkan dari India oleh pemerintah Belanda pada masa penjajahan yang kemudian secara turun temurun di kembangbiakkan oleh masyarakat Desa Donorejo,Kec Kaligesing,Kab Purworejo [...]

  12. HERU says:

    Bolehkah saya minta petunjuk untuk beternak kambing Etawa ini,….
    Saya sdh punya kandang model panggung dan saya isi dgn kambing jawa,
    tetapi setelah saya buka2 artikel ttg Etawa kok jadi berminat untuk menjalani bisnis ini,…..
    Dari awal apakah saya beli indukan atau anakannya………
    Trims

  13. budiono says:

    aku mau ikut milling listnya ttg kambing etawa ada gak ya ?kalo ada gimana cara daftarnya? tolong kirim ke email akku ya

  14. Semoga sukses slallu bagi para peternak etawa, semoga semakin bersyukur dan yg punya sempat coba lihat wesite kami iqro awwalan.com ; bintangnyabintang.com dsb. mungkin ada manfaatnya .

  15. kakasuka says:

    mas tolong tampilin kanndang dan ukuranya per ekor untuk kambing etawa

  16. muntoha says:

    kambing etawa jozz tenan..
    betina yang bagus gimana ya??kemaren barusan beli 2 ekor betina tinggine sekitar 70 cm hargane 4,3juta.kemahalen ga???
    yang jantan tinggi 1 meter lebih,kepalane hitam polos,umur 16 bulan,kira2 hargane berapa,soale ada yang nawar 8 juta tapi belum tak kasih???
    thanx b4
    salam super etawa…….

  17. Hendra Erwanto says:

    Dari beberapa kali Lihat2 Artikel Soal Kambing…kok Kayaknya jadi Kepingin ternak…..
    sebenernya aku masih awam soal Kambing tapi kok menarik juga ya….beri tips dong gmn cara memulainya??????thx….

    jenis PE dan Etawa ini apakah Sama dan kalo beda yang bikin beda itu apa????
    haraganya atau bentuknya????

    trims……

  18. cak nur says:

    sip bentar lagi saya nyusul jadi petani ternak PE…..

  19. erwin says:

    kalo kambing yang telinganya panjang tapi tidak melintir itu namanya kambing apa

  20. irsan says:

    saya ingin jd peternak .
    klo kambing etewa kandangnya di atas kolam berpengaruh pada pertumbuhan tdak../

  21. kamulyan says:

    Kelompok tani Kamulyan, Desa Sigeblog,Kec. Banjarmangu, Kab. Banjarnegara, Jateng juga sudah mencoba mengembangkan peternakan ETAWA,awal mulanya kami bawa dari Kaligesing juga, smg sukses

  22. Basir says:

    waduh bagus-bagus tenan

  23. A Ghafur says:

    Bos saya punya masalah, tanduk kambing saya melengkung ke belakang ujungnya lancip dan lama kelamaan hampir menembus pangkal telinga saya takut kalau nanti betul betul nembus.Yang saya tanyakan bagaimana caranya mengatasi masalah tersebut? Mohon informasinya dikirim melalui email saya,trimks.

  24. kholiq says:

    aq pemula dlm beternak kambing etawa. mo tax adakah cara khusus ato obat tertentu yg bs mempercepat pertumbuhan kambing?

  25. kholiq says:

    mohon bimbingannya ya? trima kasih buuuuuuuaaaaaaaaanyaaaaaaaaaaakkkkk. info anda sangat saya butuhkan……..

  26. [...] Kambing Etawa Ras Kaligesing ini asal muasalnya didatangkan dari India oleh pemerintah Belanda pada masa penjajahan yang kemudian secara turun temurun di kembangbiakkan oleh masyarakat  di Kec Kaligesing,Kab Purworejo hingga sekarang. [...]

  27. romy says:

    aku punya juara II kelas B (poel sepasang) telinga 32 cm luemes koyok kain dan nglempit sd ujung, gembel super, bulu tebal, umur 18 bulan, +++, kiro-kiro laku berapa ya?

  28. warsiman says:

    kok tanduknya mengarah kebelakang,pengaruhnya apa bila tanduk mengarah ke atas?apa cuma pamor aja?

  29. tanduk menghadap kebelakang itu hanya merupakan ciri saja dan tidak terlalu berpengaruh apapun

  30. nicko says:

    Blogny menarik pak,saya juga jual beberapa pejantan etawa. Mari mampir ke blog saya di arieputrafarm.blogspot.com atw sms ke nmer 085643213833 untuk pesan pejantan etawa.

    Salam sukses pak.

  31. [...] Peranakan Etawa ini memiliki ciri khas pada bentuk mukanya yang cembung, bertelinga panjang-mengglambir, postur tubuh tinggi (gumla) [...]

  32. devi says:

    kambingnya memang bagus ya..

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anak Gembala

Name: Sugiharto

Email:

Web Site: http://www.gunungkelir.com