Published On: Thu, Feb 12th, 2009

Beternak Kambing Etawa

kambing anakanBeternak kambing Peranakan Etawa sudah lama dilakukan oleh petani atau masyarakat di wilayah Desa Donorejo, Kec Kaligesing, Kab Purworejo dan wilayah sekitarnya, saya sendiri diluar kesibukan saya sebagai pekerja kontruksi  juga mencoba untuk berinvestasi, kambing jenis Peranakan Etawa ini.

Beternak kambing etawa bisa sebagai usaha sampingan atau tabungan karena pemeliharaan dan pemasaran hasil produksi (baik daging, susu, kotoran maupun kulitnya) relatif mudah.

Meskipun beternak secara tradisional telah memberikan hasil yang lumayan, Namun apabila pemeliharaannya ditingkatkan atau dilakukan secara intensif, tentu sangatlah memungkinkan untuk mendapatkan hasil yang lebih.

Beternak kambing etawa sebenarnya juga bisa menjadi salah satu alternative usaha sendiri yang prospektif.

Untuk memulai usaha ternak kambing jenis Peranakan Etawa ini, ada beberapa hal pokok yang harus diperhatikan , di antaranya adalah:

1. Bibit  (calon indukan atau calon pejantan)

2. Makanan Ternak  HMT (Hijauan Makanan Ternak)

3. Manajemen dan Sistem Perkandangan

Bibit

Dalam hal ini saya belajar pada para petani secara wawancara dan mengambil garis besar dari beberapa sumber baik petani dan tenaga penyuluh peternakan, bahkan kadang juga mengadakan waktu kusus untuk mendatangi beberapa orang yang sudah dianggap tokoh dalam memelihara kambing jenis Etawa ini.

Pada perinsipnya memilih bibit adalah harus disesuaikan dengan tujuan kita untuk usaha ternak kambing jenis ini.

Sejak tahun 2001 saya mulai beternak kambing etawa dengan panduan beberapa petani ternak di Desa Donorejo, saya mecoba memilih bibit dengan kriteria seperti yang banyak dituturkan oleh para petani tersebut.

Pada dasarnya beternak kambing jenis peranakan Etawa ini nantinya adalah dengan tujuan untuk produksi susu (diperah) namun untuk kebanyakan masyarakat di lingkungan saya masih sekedar membibitkan dan untuk proses perah tidak dilakukan disini.

Secara umum ciri bibit yang baik adalah yang berbadan sehat, tidak cacat, bulu bersih dan mengkilat, serta memiliki daya adaptasi tinggi terhadap lingkungan.

Untuk memilih bibit Kambing Etawa ini ada beberapa ciri yang umumnya untuk pedoman para petani ternak di sekitar saya :

Calon Indukan

  • Kepala jenong, Telinga lemas dan panjang kira kira 30 cm (Warna bulu kepala hitam)
  • Tubuh Besar, Perawakan gempal dan tinggi, dada dalam dan lebar,
  • Punggung dan pinggang memiliki tulang yang lurus,
  • Jinak, Tidak Cerewet ( tidak suka mengembik )
  • Bentuk Kaki panjang, lurus, tumit tinggi, jenis kukunya terbelah rapi
  • Bentuk Rahang kokoh Gigi lengkap, mampu merumput dengan baik (efisien)
  • Dilahirkan dari Induk yang muda serta memiliki garis keturunan baik
  • Ambing simetris, tidak menggantung dan berputing 2 buah.

Calon pejantan

  • Bentuk kepala yang jenong dan memiliki dahi yang berjambul
  • Tubuh besar dan panjang dengan bagian belakang lebih besar dan lebih tinggi
  • Dada lebar, tidak terlalu gemuk, gagah, aktif dan memiliki libido (nafsu kawin) tinggi.
  • Memiliki bulu jenggot dan kulit leher yang lemas
  • Warna bulu kepala hitam legam dan memiliki tanduk yang rapi
  • Telinga lemas terjurai kebawah dan panjang
  • Kaki lurus dan kuat.bulu kaki panjang ( rewos )
  • Umur antara 1,5 sampai 3 tahun.

Nah dari paparan tersebut kita baru memiliki poin pertama untuk memulai usaha beternak kambing Peranakan Etawa ini.

Secara garis besar untuk usaha beternak kambing Jenis ini memang harus selektif sekali dalam memilih bibit jantan maupun betina, jika tidak hati hati dalam memilih bibit yang baik kita hanya merugi, karena daya jual anakan kambing ini tinggi jika memiliki kriteria yang banyak di sepakati oleh pasar.

Beberapa pengalaman dan pengamatan saya selama ini jika salah dalam memilih induk maka kita hanya mendapatkan besarnya tapi tidak menghasilkan keturunan yang baik dan tidak memiliki daya jual yang tinggi, untuk anda yang berminat beternak kambing etawa silahkan baca juga postingan saya selanjutnya tentang Kandang Kambing Etawa

Anda tertarik memiliki bisnis investasi seperti di atas silahkan mencoba kami siap membantu. Hubungi kami.

Sumber : Petani ,PPL ,Pengalaman Pribadi

Donorejo 12 Sep 2008

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Displaying 33 Comments
Have Your Say
  1. Andy MSE says:

    kambinge lutjuy…

  2. det says:

    BUDHAL. ada analisa usahanya ndak cak? kalo cocok di Ponorogo bisa tuw dicoba hehehe

  3. ariya says:

    weh q mau coba neh. bisa kasih range harga bwat kambing yang grade biasa, menengah, and istimewa. umur masing2 lepas sapih, remaja, dan dewasa. tq before…

  4. A. Musyafak says:

    Wah menarik banget jadi pingin nyoba neh,.

    mohon kasih info dong harga Indukan berapa ?

    terimakasih

  5. mirzan says:

    saya tertarik nich. bisa kasih info cari bibit kambingnya dimana dan bagaimana jika saya mau usahanya di pontianak kalimantan barat.

  6. lubis says:

    wah tertarik juga untuk usaha ternak kambing, kalau dulu ternak domba hanya untuk tabungan saja, tapi setelah pindah kerja ke kota jadi gak bisa beternak lagi deh. rencana untuk persiapan pensiun, mau beternak aja. tolong kasih info dimana beli bibit yang dekat dari Bogor, sekalian patokan harganya. trima kasih

  7. lenk says:

    kita mungkin akan kalah maju dengan negara tetangga kita dalam hal penanganan ternak kambing,lihat saja malaysia.peternakan kambing boer sangat rapi n modern, jika ettawa kaligesing tidak dikelola secara modern,mungkin ettawa kaligesing hanya akan menjadi legenda.

  8. prapto says:

    bagus sekali dengan prospek ternak kambing etawa , kami mempunyai lahan yang di tanam sengon yg potensi pakan sangat melimpah sehingga prospektif untuk ternak kambing etawa, bisa kami di bantu tentang ternak kambing etawa mengenai bibit, pemeliharaan dan marketnya.

    trims

  9. segera kami posting thanks

  10. untuk ring harga bakal induk berkisar pada bulan juli agustus 2009 antara 800 ribu hingga 5 juta bergantung kondisi klas kambingnya

  11. anda boleh mendatangkan dari daerah kami karena kami juga sering mengirim ke luar jawa dalam jumlah banyak maupun sedikit

  12. untuk daerah bogor sebenarnya sudah cukup banyak namun jikala anda pingin lebih leluasa silahkan anda berkunjung ke daerah kami di kaligesing kab purworejo

  13. terima kasih saran nya ayo kita buat peternakan modern dan hari ini saya sudah siapkan ke arah sana lantas apa yang sudah anda perbuat masihkah akan bangga menepuk dada orang

  14. salam peternak indonesia hal yang sama dapat kita peroleh manfaat di sisi perkebunan sengon yang akan subur ketika di beri pupuk kandang dari kotoran etawa sementara daun sengon merindangkan tanaman makanan ternak kambing etawa untuk perencanaan beternak kambing etawa hingga managementnya saya akan tuliskan di beberapa artikel melengkapi kebnutuhan informasi untuk anda kalo mengenai pemasaran saya akan bantu semampunya anda dapat menghubungi vi a telpon

  15. halim says:

    Saya lagi ada masalah,hampir semua ternak kambing PE saya terserang sakit mata…siapa tau bapak sudah pernah mengalami kasus seperti saya mohon bantuannya..lokasi ternak saya disulawesi selatan tepatnya dikabupaten bone

  16. harjo santosa says:

    saya berencana akan memulai peternakan kambing etawa sesudah hari raya Qurban nanti, kalau berkenan saya minta info kalau mau beli calon indukan dan calon pejantannya yang berkualitas bagus dimana/ alamatnya dan kisaran harganya berapa?

  17. lilik says:

    saya di pekanbaru. tlg informasi mendapatkan bibit/indukan pe yang terdekat. trims

  18. nursaiful says:

    saya rencana ada mo berternek. tp gmn cara mendapatkan bibit. sedangkan saya tinggal di sumatera barat..

  19. budhiesantosh says:

    Mohon informasi, saya ingin beternak Kambing di Bandung, Bogor sekitarnya untuk kambing etawa, kemana bisa mencari ilmu serta mencari lahan dan orangh yg bisa diajak kerja untuk peternkan tsb, tks

  20. Mas soal pembibitan kambeng etawa iku piye ? trus rego seng umur setahun kiro-kiro piro ? lek dikawenke karo wedus bioso keturunane piye ? apik nggak ? Matur nuwun. balas yo…..

  21. susu kambing says:

    ternyata beternak kambing tidak semudah yang saya bayangkan.

  22. Ancah says:

    Bos, pnpm mandiri perkotaan sidoarjo ada rencana bikin program kambing bergulir. untuk sementara, anggaran yang ada baru 12 juta untuk pengadaan 12 pasang kambing. bisa ndak dapat anakan kambing pe dengan harga segitu. karena mau digemukkan dulu?

  23. Agus saputra says:

    Mohon informasi-a
    Ciri-ciri kambing pe galur kaligesing yang sangat spesifik.
    By agus di aceh.

  24. antoninho da silva costa says:

    Ok Maksaih sebelumnya ! Boleh informasikan kepada say mengenai harga standar (yang belaku) kambing etawa bibit jantan dan betina ???

  25. muhamad says:

    mas sugih,,, saya tertarik dg peternakan ettawa,,, kalau tdk keberatan emailkan studi kelayakan,,, dgn standar bibit dr mas sugiharto,, untuk skala menengah sampai up,,, terima kasih

  26. Nur aziza ramadan says:

    ternyata banyak juga kelebihan kambing etawa ini

  27. supriyadi says:

    gimana cara cari bibitnya??? posisi aq di purwodadi jawa tengah

  28. [...] Kambing Etawa Posted on January 15, 2013 by rudi Share Beternak kambing Peranakan Etawa sudah lama diusahakan oleh petani atau masyarakat di wilayah Desa Donorejo ,Kec Kaligesing,Kab [...]

  29. bimosaurus says:

    Ketoke aku pancen kudu sinau perwedhusan..

  30. ahmad burhanudin says:

    trimakasih,,,telah menambah pengetahuan ……ane minta infonya ya gan……

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anak Gembala

Name: Sugiharto

Email:

Web Site: http://www.gunungkelir.com