Published On: Thu, Mar 26th, 2009

Beberapa Penyakit Kambing Etawa

kambing etawa Berikut ini saya memaparkan beberapa macam penyakit ringan yang sering dijumpai pada Kambing Etawa, serta penanganan berdasar pengalaman para peternak di daerah sentra kambing etawa ini berasal, biasanya juga mendapati penanganan yang cukup sederhana dan mudah diatasi oleh para peternak itu sendiri .

walaupun pada beberapa penyakit berat atau kelainan pada kambing etawa memang kadang membutuhkan obat obatan yang harus di beli serta merujuk bantuan dokter hewan.

Disini saya sampaikan beberapa macam obat alami dan pengobatan sederhana  yang sering dilakukan oleh para peternak apabila kambing etawa mengalami beberapa penyakit ringan.

Tidak jarang kambing etawa sering terserang beberapa penyakit pada bagian tubuh kambing etawa baik di luar ( kulit) maupun dalam tubuh kambing itu sendiri.

Penyakit mata

Penyakit ini bisa menyerang kambing etawa pada saat cuaca kurang baik serta adanya penurunan daya tahan tubuh kambing etawa, ternak biasanya mudah sekali terserang penyakit mata.

Untuk pengobatan sementara dan pertama yang dilakukan dengan  daun sirih, garam dan air panas, sedangkan cara pembuatan obatnya cukup mengambil 3 lbr daun sirih, kemudian dituangkan air panas kedalam gelas yang dicampur oleh garam, setelah air garam bercampur daun sirih tersebut agak dingin kita kompreskan ke bagian mata kambing etawa yang terjangkit penyakit tersebut lakukan 1 kali sehari selama 2 hari .

Penyakit batuk

Penyakit ini kadang juga menyerang kambing etawa dan biasanya jiga disertai pilek atau semacam flu, pada penyakit ini kambing biasanya susah bernafas dan sering batuk batuk layaknya manusia, penyakit batuk pada kambing etawa kadang terjadi karena makanan hijauan yang agak basah terkena air hujan yang berlebihan.

Untuk pengobatan penyakit ini para peternak biasanya menggunakan beras kencur, sedangkan caranya cukup mengambil beberapa potong kencur ditumbuk dicampur dengan beras kemudian dikasih air panas, setelah itu minumkan ke kambing etawa yang sakit setelah seduhan beras kencur tersebut dingin.

Penyakit Cacingan/Nafsu makan Menurun

Penyakit cacingan hampir selalu dijumpai oleh setiap kambing etawa karena faktor makanan yang biasanya membawa benih cacing kedalam perut kambing etawa.

Untuk pengobatan penyakit ini biasanya para peternak melakukan tindakan preventif setiap 3 bulan dengan memberikan minuman campuran temu hitam  dengan gula merah, jika kurang nafsu makan kita juga bisa gunakan temu ireng dicampur dengan garam sebagai perangsang nafu makan, untuk kambing etawa yang terserang cacingan cukup parah hingga kurus sekali sebaiknya diberikan makanan daun jimitri untuk beberapa hari.

Penyakit Gatal / Korep

Penyakit jenis ini biasanya menyerang pada sebagian kulit kaki, kepala dan sebagian tubuh kambing ettawa, jenis penyakit ini mudah sekali menular pada kambing yang lain.

Untuk pengobatan dan penangananya pertama sebaiknya pisahkan kambing etawa yang sakit gatal ini dengan kambing yang lain kemudian pengobatanya kita bisa ambil bebara butir lirang, oli bekas di campur dengan minyak goreng dan garam, ditumbuk sampai halus dan dioleskan ke bagian yang gatal dan sakit, lakukan beberapa kali hingga luka kurap mengering.

Penyakit Susu

Gejala Susu bengkak (ngrangkak) atau tidak keluar air susu disaat menyusui anak kambing kadang sering juga kita jumpai.

Untuk mengatasi penyakit ini kita bisa gunakan beberapa siung bawang putih dicampur dengan garam, kita tumbuk halus dikasih air hangat lalu buat ngompress bagian yang sakit .

Penyakit Tetanus

Penyakit ini paling sulit untuk bisa diobati namun ada bebarapa cara untuk pencegahan, yaitu dengan cara  melakukan prefentif salah satu cara memotong plasenta yang basah dan agak panjang dan kemudian mengolesinya dengan kunyit dengan tujuan agar tidak terkena baksil tetanus yang biasanya melalui ujung plasenta ini.

saya telah membahas tetanus pada tulisan berikutnya.

Penyakit Diare /Mencret

Penyakit ini juga kadang menyerang kambing etawa yang biasanya disebabkan makanan sejenis yang berlebihan atau karena kambing memakan hijauan makanan ternak yang berupa daun yang masih terlalu muda  yang berlebihan.

Untuk mengatasi penyakit Mencret pada kambing etawa cukup menggunakan mahkota dewa, jika didaerah anda tersedia buah mahkota dewa itu bisa kita gunakan untuk obat mencret, cara nya adalah dengan mengiris iris beberapa buah mahkota dewa kemudian campukan dengan garam serta air panas, sesaat setelah dingin minumkan pada kambing yang terserang diare atau mencret tersebut, jika di daerah anda susah menemukan buah mahkota dewa anda bisa melakukan terapi makanan kambing dengan mencampur daun jambu biji yang dicampur dengan garam secukupnya.

Nah itu beberapa penyakit ringan pada jenis kambing etawa mudah mudahan bermanfaat

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,
Displaying 88 Comments
Have Your Say
  1. alex says:

    ikut gabung deh

  2. hamid says:

    di kalimantan dah ada kambing etawa kah?

  3. [...] Beberapa Penyakit Kambing Etawa [...]

  4. azwar says:

    bravo semoga perkambingan diindonenesia maju dan korupsi musnah dibumi indonesia.

  5. didiek says:

    terima kasih artikelnya, saya mau coba,kambing saya sakit

  6. andie says:

    apa aj penyakit kambing etawa dan cara mengobati nya {obat tradisional }

  7. sutiono says:

    mo nanya…biar kambing etawa bisa memiliki postur tubuh yang lebih panjang dan tinggi,,,,,ada trik khususnya nggk?????

  8. riyadi iwan says:

    aku pingin tanya apa yang menyebabkan kambing jadi kudisan ? kenapa setelah kudisan ko jadi lumpuh dan mati? bagaimana cara menanggulangi lumpuh pada kambing ?

  9. coty says:

    mw download pak….maturnuwun sanget atas ijinnya

  10. penyebab kambing kudisan biasanya di awali karena kurang bersihnya kandang untuk solusinya pertama adalah seringnya memandikan kambing dan membersihkan kandang secara rutin ( jika sudah terkena kudis maka sterilkan kandang dan isolasikan ternak dengan yang lain obati dengan suntukan seperti ivomex dll konsul ke dokter hewan )

  11. itu dengan cara memperbaiki keturunan dari pejantan nya ( berdasar genetika ) cara merawat mempengaruhi namun sangat kecil pengaruhnya

  12. KUTTENS ENT says:

    Saya memohon untuk meminjam artikel iniuntuk panduan.kerana sekarang ini kami ada menternak kambing bour(FB) Terima Kasih

  13. monggo silahkan di link terima kasih semoga bermanfaat salam hormat dari kami

  14. rizal says:

    ms minta ijin untuk ambil artikelnya ya…. thanksss

  15. epim says:

    ada buku referansi tentang cara menanggulangi penyakit paga kambing etawa

  16. VAU says:

    Saya memohon untuk meminjam artikel iniuntuk panduan.kerana sekarang ini kami ada menternak kambing etawa
    Terima Kasih

  17. didin says:

    thanks & mohon izin publikasinya ya Mas, from Dien BANDUNG

  18. Rasyid says:

    bro gw ijin minta artikelnya ya..
    ada tugas kul nih..

  19. cempluk says:

    Terima kasih atas artikel nya.gue juga ternak kambing dan air seninya kami fermentasikan bisa kami manfaatkan untuk bio gas,dan hasilnya sangat bermanfaat bagi warga desa kami….

    Salam suces.

  20. patmoko says:

    asyik bro ngobrolin wdus.biar prengus tp prospektif.kbetulan ane paramedis veterineir/mantri hewan di kaligesing dan skitarnya.kali aja ada yg mo sharing.

  21. KSA says:

    Ijin copy ya boz

  22. KEF says:

    ijin kopi gan

  23. Mas Rochim says:

    dua minggu yg lalu etawa saya melahirkan anak 1 ekor
    plasenta bisa keluar setelah +/- 3 hari
    lha induknya lumpuh tidak bisa berdiri
    kondisinya mau makan
    saat ini tetap g mau berdiri pada dubur keluar belatung
    sudah dipanggilkan ahli (mantri)
    lha kenapa ini ya pak ?

  24. damarHtirto says:

    terima kasih infonya. Saya mohon ijin Cpy Paste mau praktekkan
    Damar
    yogya

  25. imam ali says:

    bagaimana cara merawat cempe yg di tinggal mati induknya

  26. m.Alaika Salamulloh says:

    minta izin kutip n mengkopi artikel

  27. [...] macam penyakit ringan yang sering di jumpai pada Kambing Etawa berdasar pengalaman para peternak di daerah sentra [...]

  28. ar says:

    assalamualaikum wr wb.. maaf author saya minta ijin mengambil beberapa artikel untuk makalah kuliah saya. terimakasih :)

  29. bisa di sapihkan di susukan kepada induk lain atau di beri dot susu bubuk yang di cairkan atau bisa juga mencari susu sapi cair

  30. puji says:

    mau tanya,kambing saya tdk bs bgun krena susunya keras,apa itu jg bs dkatakan penyakit susu?kira2 apa obatnya?saya bingung.trmakash

  31. oh bisa jadi kena mastitis dan dalam artikel yang lalu saya pernah membahasnya coba di kasih maxsitol atau pinicilin di punting susu yang sakit

  32. kurniawan eka seputra says:

    salam kenal.mas toto sugiharto kalau penyakit mastitis obatnya apa….
    terimakasih.

  33. fharid says:

    apa obat tradisionalnya kalau kambing sakit perut dan mengakibatkan kematian, dan apa penyebab penyakit tersebut ?

    tolong di jawab pertanyaanku, melalui facebook atau e-mail saya .

    terima kasih .

  34. saya telah menuliskan obatnya silahkan dibaca terima kasih

  35. saya telah menuliskan cara mengatasi mastitis terima kasih

  36. rembang says:

    mkasih infonya pak
    info ternak kambingnya lengkap kap

  37. [...] ini saya memaparkan beberapa macam penyakit ringan yang sering dijumpai pada Kambing Etawa, serta penanganan berdasar pengalaman para peternak [...]

  38. ayat says:

    penyakit gondok dapat di obati dgn minyak kemiri dgn cara “mengolesi minyak pada paha kambing.. guna merangsang jaringan urat yang mengarah ke gondok…

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Anak Gembala

Name: Sugiharto

Email:

Web Site: http://www.gunungkelir.com