kambingetawa
Published On: Sun, Jul 22nd, 2012

Analisa Usaha Investasi Kambing Etawa

investasi kambingBeberapa hari lalu saya ditanya bagaimana cara investasi kambing etawa yang sangat sederhana dan tidak harus memulai dengan modal yang terlalu besar .

Atau intinya bagaimana dengan uang yang sedikit namun tetap bisa memiliki usaha di bidang ternak kambing etawa.

Masa produksi kambing etawa biasanya berkisar sekitar lima tahun usia produktif meskipun ada yang lebih panjang dari itu namun kita ambil dari masa produksi efektif rata rata dari pengalaman selama saya beternak kambing etawa.

Saya akan mengambil contoh jika kita membeli induk kambing etawa yang siap kawin dengan harga kurang lebih sekitar 2 jutaan (Rp 2.000.000)

Kemudian kita menghitung masa panen kambing etawa dengan asumsi bahwa kambing etawa itu usia bunting sekitar 5 bulan kemudian masa menyusui sekitar 3 bulan jadi saat panan terhitung 5bln+3bln sama dengan 8 bln

Umumnya kambing etawa itu beranak 2 ekor kelahiran 1 ekor atau 3 ekor terhitung sangat jarang kemudian kelahiran umumnya memiliki jenis jantan dan betina tapi bisa juga 2 jantan atau 2 betina.

Kisaran harga cempe atau anakan etawa umur 3 bulan rata rata sekitar Rp 700.000 jadi jika sekali beranak kita mendapatkan uang hasil jual anakan kambing etawa adalah Rp 1.400.000 untuk kedua anaknya.

Untuk biaya oprasional pakan dan perawatan bisa kita ambil dari separoh hasil penjualan anak kambing etawa atau dengan gambaran setiap kelahiran kita hanya mendapat 50% dari hasil penjualan anak kambing.

Dari hasil penjualan anak kambing kita bisa mengembalikan modal Rp 2.000.000 dengan mengumpulkan hasil penjualan anak kambing tersebut jika kita asumsi separoh hasil berarti Rp 700.000 dan untuk mencapai hasil Rp 2.000.000 berarti membutuhkan 3 kali kelahiran dengan perhitungan sebagai berikut

1 kelahiran hingga panen butuh waktu 8 bulan untuk menghasilkan pengembalian modal butuh 3 kali kelahiran berarti kita hitung 3x8bln atau 24 bln sama dengan 2 tahun nah jadi untuk pengembalian modal dasar kita butuh waktu 2 tahun sementara waktu atau masa produksi kambing etawa sekitar 5 tahun jika di kurangi masa pengembalian masih memiliki sisa keuntungan 3 tahun atau setidaknya 4 kali beranak lagi

Dapat di gambarkan 4 kali beranak dengan hasil Penjualan Rp 700.000 x  4 =Rp 2.800.000 di tambah penjualan induk afkir sekitar Rp 1.000.000 jadi total ke untungan  sama dengan Rp 3.800.000

Perhitungan ini berdasar jika kita menggunakan system bagi hasil dengan plasma atau penggaduh dimana oprasional perawatan serta kandang sudah di tanggung oleh petani ternak .

Dapat  sebagai contoh beberapa teman yang sudah melakukan system ini adalah beliau mbak Ririn Habsari salah seorang teman aktivis dari Jakarta kemudian disusul mbak Yoga Amaliasari adalah teman blogger dari Jakarta yang sampai saat ini belum pernah ketemu muka, hal ini juga di lakukan oleh bapak Ferry Liem, bapak Budiyanto yang mereka adalah teman saya sebagai sesama kontraktor Mekanikal Elektrikal

di samping system ini sangat efektif namun juga memiliki peran yang baik bagi masyarakat desa dimana masyarakat terbantu mendapatkan modal pemeliharaan dan diuntungkan dengan system bagi hasil yang berlaku di desa.

Cara ini paling mudah karena kita hanya membelikan Induk kemudian menyerahkan pada Petani ternak kemudian kita hanya melakukan monitoring setiap saat hingga transaksi penjualan hasil panen anakan kambing etawa.

Sekelumit tulisan ini semoga dapat memberikan sedikit gambaran tentang investasi sederhana dengan system plasma atau gaduh yang dilakukan oleh komunitas peternak Gunungkelir Desa Donorejo Kec Kaligesing Kab Purworejo Jawa Tengah.

About the Author

Displaying 15 Comments
Have Your Say
  1. dobelden says:

    wah menarik pak, tak ngumpul2 duit dulu.. 😀 kalau misal anakan tdk kita jual dan minta dipeliharakan lagi gimana perhitungannya pak?

    misal ada anakan betina kita jadikan indukan dan punya 2-3 indukan misalnya.. 😀

  2. yo mas ndang di jajal

  3. Tiyono Jabon Sengon says:

    Karena ini merupakan ivestasi sederhana tapi menguntungkan,
    maka saya aka mencoba untuk ternak kambing etawa ini,

    Trimakasih Pak, Infonya,

    Salam Hangat,
    Tiyono Jabon Sengon
    Wonogiri Jateng

  4. zack says:

    maav mas sya tertrik untuk brusaha trnak kmbing etawa..
    klo untuk pemula langkah2 apa saja yang harus d persiapkan …trima kasih sbelumnya mas..wassalam

  5. edi purnomo says:

    aku yo pengen njajal mas kyake menarik

  6. devi says:

    membaca analisanya, sepertinya sangat menarik dan cukup mudah untuk di praktekin.

  7. mt says:

    mbeeek! mau nyusu etawa ah

  8. Saya berminat banget untuk mencoba ternak kambing etawa, smentara saya lg ternak kambing jawa, boleh tau alamat dmna budidaya kambing etawa

  9. Fuad says:

    Assalamu’alaikum,
    Saya tertarik utk beternak kambing etawa
    Kalau di pesan ke Aceh bisa ngak ya dikirim indukannya
    Dan berapa kira2 harganya sampai diterima di tempat/Aceh
    Tks

  10. silahkan telp ke kontak ternak lebih jelas terima kasih

  11. alamat di kontak ternak lengkap

  12. Aprianto says:

    Tlg kirim harga terbarunya dong tuk etawanya yglaki bsr dan jg perempuannya.Tx

  13. yanto says:

    mas di inbox nmr tlp & alamat lengkap
    saya tertarik ingin ternak kambing etawa

  14. 081392759532 atau lengkapnya ke kontak peternak

  15. pak mau tanya harga pasaran kambing etawa umur 6-8 bln berapa ya ? terima kasih

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Anak Gembala

Name: Sugiharto

Email:

Web Site: http://www.gunungkelir.com